Luapan Kesedihan Pendukung Prabowo-Sandi Usai Putusan MK

Tim Editor

Tangis Pendukung Pecah usai mendengarkan pidato Prabowo (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Sesaat setelah majelis hakim konstitusi membacakan putusan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), Prabowo bersama Sandiga dan juga petinggi partai koalisinya menggelar konferensi pers.

Prabowo bersama koalisinya menempuh jalur hukum untuk menggugat kemenangan pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Namun, dari keseluruhan permohonan yang diajukan tidak satupun yang diterima. Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak seluruh gugatan permohonan pihak Prabowo-Sandi.

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dalam konfernsi persnya menyatakan menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi. Namun, dia tidak menegaskan menerima atau menolak putusan MK. Sebaliknya, dia akan berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengupayakan jalur lain.

“Kami nyatakan bahwa kami hormati hasil keputusan Mahkamah Konstitusi. Kami serahkan sepenuhnya kebenaran dan keadilan yang hakiki pada Allah Tuhan Yang Maha Esa. Tentu setelah ini kami akan segara konsul dengan tim hukum untuk minta saran dan pendapat apakah masih ada langkah hukum dan konstitusi lain yang mungkin bisa di tempuh,” di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2019).

Mendengar ucapan Prabowo dari pengeras suara, para relawan saling berpelukan dan menguatkan satu sama lain. Namun, kesedihan tak bisa mereka tahan. Para emak-emak militan yang selalu mendukung langkah Prabowo-Sandi seakan tidak percaya pada putusan Mahkamah Konstitusi. Tangis mereka pecah, teriakan tak percaya menggema.

"Kun Faya Kun. Kalau Allah sudah berkendak pasti ada keajaiban,” ucap para relawan.



Salah seorang pendukung mengaku tidak percaya. Bahkan, tubuhnya lemas begitu mendengar pernyataan Prabowo. Sang suami dengan sigap memeluknya dan mencoba menenangkan.

“Sedih banget.. Sedih banget ya Allah,” ucapnya lirih.

Saat ini, para pendukung dan relawan masih setia menunggu di depan kediaman Prabowo. Mereka masih membahas keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai gugatan sengketa PHPU yang diajukan oleh kubu Prabowo-Sandi.

Mereka juga sesekali berdiskusi menebak langkah hukum yang akan diambil oleh Prabowo mengenai putusan MK soal PHPU ini. Menurut mereka, masih banyak cara yang dapat dilakukan.

“Bapak (Prabowo) bilang menghormati. Dia juga bilang mau konsultasi, berarti masih ada langkah selanjutnya,” ujar seorang pendukung yang enggan disebut namanya.


Ilustrasi Ilham/era.id
 

Tag: perlawanan terakhir prabowo

Bagikan: