Kala Pelajar Ikut Beraksi di Depan Gedung DPR

Tim Editor

Pelajar melakukan aksi demonstrasi di depan gedung DPR. (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Rombongan pelajar berbaju pramuka dan putih abu-abu datang ke Gedung DPR RI. Mereka datang untuk berdemo, meski tak jelas tuntutan mereka. 

Dilihat era.id, di sekitar Jembatan layang Slipi, Jakarta Barat, rombongan pelajar ini sempat berorasi sekitar 10 menit. "Batalkan RUU!" teriak mereka serempak di hadapan polisi yang telah memasang tameng hitam di Jembatan Layang Slipi, Rabu (25/9/2019).

Selain itu mereka juga menyenandungkan lagu Indonesia Raya, serta membacakan Pancasila secara bersama-sama sambil duduk di pembatas jalan tol.

Mereka juga membawa sejumlah spanduk dalam aksi ini. Spanduk yang dibawa mereka salah satunya bertuliskan, "Jokowi ganti sama bapak aing. #STMSejabodetabek".


Seorang pelajar membawa spanduk dalam aksi di depan gedung DPR (Wardhany/era.id)

Tim era.id sempat mewawancarai beberapa pelajar yang ada. Kebanyakan dari mereka kemudian tak mau menjawab alasan datang ke DPR. Ada yang buang muka. Beberapa dari mereka pun sembarangan menjawab. 

Aksi pelajar ini sempat rusuh. Belum diketahui pemicunya, tiba-tiba mereka melempar polisi dengan batu-batuan. Selain itu, siswa STM ini juga melempar kembang api kepada polisi yang berjaga. 

Tak lama kemudian, polisi yang tadinya persuasif mengubah strategi mereka menjadi represif. Aparat menembakkan gas air mata dan menembakkan water canon ke arah pelajar. 

Namun, gas air mata dan semprotan water canon ini dilawan dengan batu dari pelajar.  Peristiwa in membuat macet jalan tol di sekitar jembatan layang Slipi. 

Tag: demo pelajar indonesia

Bagikan: