Dua Warga Depok Kena COVID-19, Gubernur Jabar Minta Warga Jangan Panik

Tim Editor

    Ilustrasi (Iman Herdiana/era.id)

    Bandung, era.id – Dua warga Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif terkena penyakit COVID-19. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meninjau kondisi dua warganya itu. 

    Rencananya, Ridwan Kamil akan bertolak Depok setelah memimpin Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor. 

    "Saya perlu memastikan dua warga yang positif terkena COVID-19 ini supaya mendapat perawatan dengan fasilitas rujukan terlengkap," kata Ridwan Kamil, Senin (2/3/2020).

    Pemerontah disebutnya sudah melakukan langkah-langkah preventif secara terintegrasi guna mengurangi risiko penularan ataupun jatuhnya korban akibat virus SARS-COV-2.

    "Doakan kami untuk diberi kekuatan, kesehatan dan kemudahan dalam bertugas. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, dan penyakit COVID-19 bisa ditangani dengan baik," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Berli Hamdani Gelung Sakti mengatakan, pihaknya mengimbau agar warga Jabar tak panik.

    "Warga kami minta untuk tidak panik, akan tetapi tetap waspada. Jaga kesehatan baik fisik, maupun mental," kata Berli. 

    Sebagai upaya pencegahan, warga jika mengalami demam, gejala penyakit pernapasan seperti batuk, bersin, pilek, nyeri tenggorokan, apalagi memiliki riwayat perjalanan ke China atau wilayah atau negara yang terjangkit penyakit COVID-19 supaya segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

    "Tetap jaga pola hidup bersih dan sehat," ujar Berli.

    Wali Kota Depok Mohammad Idris menjelaskan kondisi dua warganya yang dinyatakan positif terinfeksi virus korona baru. Ia menjelaskan bahwa keduanya merupakan warga Depok dan tinggal di Perumahan Studio Alam Kota Depok.


    Wali Kota Depok Mohamad Idris (Antara)

    Sebelum menjalani perawatan di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara, menurut dia, keduanya memeriksakan diri ke Rumah Sakit Mitra Keluarga di Jalan Margonda, Kota Depok, pada 27 Februari 2020.

    "Pasien mengaku hanya flu, pilek, dan sesak napas saja," katanya di Balai Kota Depok, Senin (2/3/2020).

    Karena kondisi kesehatannya tidak kunjung membaik, keduanya kembali datang ke rumah sakit untuk memeriksakan diri pada 29 Februari 2020.

    Pada pemeriksaan yang kedua, mereka menceritakan bahwa pada 14 Februari 2020 mereka menerima tamu dari Jepang yang telah dinyatakan positif terserang COVID-19.

    "Akhirnya kedua pasien tersebut langsung di rujuk ke RS Sulianti Saroso," kata Mohammad Idris.

    Tag: covid-19 di indonesia

    Bagikan :