Pernyataan Perang SBY Ancam Peradilan e-KTP

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (ERA.ID)

Jakarta, era.id- Pernyataan perang yang diucapkan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditanggapi cuek oleh terdakwa korupsi e-KTP, Setya Novanto.

Belum jelas memang, kepada siapa pernyataan perang itu ditujukan SBY. Namun yang jelas, keterangan mantan pimpinan Badan Anggaran DPR dari Fraksi Demokrat, Mirwan Amir, di sidang e-KTP serta pernyataan pengacara Novanto, Firman Wijaya, dianggap SBY mencemarkan nama baiknya.

Novanto mengaku kaget mendengar kesaksian Mirwan yang menyebut SBY mengetahui permasalahan di balik proyek e-KTP. Namun, alih-alih menghentikan, SBY malah melanjutkan proyek itu.

“Ini semua di dalam sidang. Kita tidak tahu perkembangannya. Pak Mirwan menyampaikan semuanya di sidang. Saya juga baru tahu,” kata Novanto ditemui di Pengadilan Tipikor, Kamis (8/2/2018).

Sementara itu, terkait laporan SBY kepadanya, Firman memandang hal tersebut sebagai ancaman terhadap independensi seorang pengacara sekaligus gangguan terhadap transparansi dalam proses peradilan e-KTP. Namun, Firman mengaku tak merasa pernyataan perang SBY ditujukan kepadanya.

“Tentu saja pelaporan itu berpotensi mengganggu independensi, akuntabilitas, dan transparansi proses peradilan. Jadi ini bukan perang, ini bisa saja, damai. Pencarian kebenaran,” kata Firman.


(Ilustrasi: era.id)

Tag: sby dan e-ktp sby e ktp

Bagikan: