Tugas Berat AHY Capai Kemenangan Demokrat

Tim Editor

AHY emban misi khusus pemenangan Demokrat

Jakarta, era.id - Partai Demokrat menargetkan perolehan suara nasional di atas angka 15 persen pada Pemilu 2019. Misi itu diemban oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setelah dilantik menjadi Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat.

Memang tidak ada salahnya bila partai Demokrat menargetkan perolehan suara di atas 15 persen di Pemilu 2019. Kendati demikian, ini akan menjadi tugas berat yang diemban oleh Agus nantinya.

“Semua partai kan memasang target tinggi, bahkan ada partai baru yg targetkan 20 persen. Kalau Demokrat target 15 persen ya masih bisa dipahami,” tutur Pengamat Politik Universitas Airlangga Kacung Maridjan saat menjawab pertanyaan era.id, Minggu (18/2/2018).

Perlu diketahui pada Pileg 2014, partai Demokrat hanya mendapat 12.728.913 suara atau 10,19 persen suara nasional di bawah PDIP, Partai Golkar dan Partai Gerindra. Kacung melihat, tugas berat yang harus ditanggung bagi Demokrat bila ingin mencapai target yang diinginkan, terlebih dinamika tahun politik yang terus berubah.

“Mengingat banyak pemilih masih belum menentukan dan masih mungkin berubah, dinamika yang terjadi sekarang ini bisa berpengaruh. Contohnya seperti pengusutan kasus korupsi,” tuturnya.

Kacung menambahkan, sosok AHY yang dipercaya oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku ketua umum dirasa telah memiliki nilai jual yang cukup menarik dan mampu mendongkrak elektabilitas partai. Selanjutnya, tinggal bagaimana cara AHY untuk merebut hati dan empati masyarakat dengan program-program kerjanya.

“Sebagai pendatang baru, AHY sebenarnya lumayan bagus. Dia sudah masuk 5 besar calon pemimpin. Ya tergantung kemampuan lanjut soal program kerja dan isu. Yang lain juga demikian,” tuturnya.

Berikut ini era.id sajikan tentang survei elektabiltas Partai Demokrat untuk Pilpres 2019. Ini merupakan hasil survei dari berbagai lembaga survei yang digelar akhir tahun 2017 dan awal 2018. 


(Infografis: Mia/era.id)

Tag: partai demokrat pemilu 2019

Bagikan: