400 Advokat Bersatu Lawan SBY

Tim Editor

400 Advokat siap dampingi Firman Wijaya. (Fitria/era.id)

Jakarta, era.id - Sebanyak 400 advokat menyampaikan dukungan terhadap kuasa hukum terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto, Firman Wijaya, atas laporan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Polri. 

Tindakan SBY menurut Tim Advokasi untuk Kehormatan Profesi itu merupakan upaya kriminalisasi terhadap profesi advokat, dan bisa berujung pada upaya perintangan penyidikan. Untuk itu, mereka mendukung penuh sikap Firman sebagai pengacara Novanto.

"Kami melihat bahwa laporan yang disampaikan ke Bareskrim adalah satu tindakan atau pun sikap yang menurut kami tidak benar. Dikarenakan Firman, setelah dicermati dalam rekaman, beliau menjalankan tugas profesi dengan benar," kata pimpinan Tim Advokasi untuk Kehormatan Profesi, Juniver Girsang, di gedung LMPP, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Menurut Juniver, apa yang disampaikan oleh Firman dalam persidangan bertujuan untuk menggali kebenaran materiel di dalam melaksanakan tugasnya sebagai advokat. Advokat memiliki hak imunitas atau kekebalan hukum dalam menjalankan profesinya, baik di dalam maupun di luar sidang untuk tidak dapat dituntut secara perdata maupun pidana.


SBY laporkan Firman Wijaya bersama Ani (Rakaputy/era.id)

"Hal tersebut ditegaskan dalam ketentuan-ketentuan sebagai berikut, Undang-undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 50, Putusan Mahkamah Konstitusi No. 26/PUU-XI/2013, dan kode etik advokat Indonesia pasal 7 huruf G," papar Juniver.

Dengan adanya laporan SBY akan menjadi pemersatu bagi banyak advokat di Indonesia. Karena hal itu menyangkut muruah profesi advokat.

Juniver mengklaim, saat ini pihaknya telah mendapatkan dukungan dari 400 advokat dari seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak lebih dari 200 advokat telah menandatangani pernyataan sikap.

SBY telah melaporkan Firman ke Bareskrim Polri atas dugaan pencemaran nama baik. Ia datang bersama sang istri, Ani Yudhoyono, usai menggelar konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Selasa (6/2) lalu. Kendati demikian, Firman belum memastikan akan melakukan perlawanan balik terhadap Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.


(Infografis: era.id)

Tag: sby dan e-ktp sby e ktp setya novanto

Bagikan: