KPK Bakal Umumkan Calon Kepala Daerah Bermasalah

Tim Editor

Ketua Pimpinan KPK Agus Rahardjo. (Tasha/era.id)

Pontianak, era.id - Mendekati Pilkada serentak Juni mendatang, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengumumkan nama-nama calon kepala daerah bermasalah. Hal dilakukan agar masyarakat bisa mempertimbangkan dan mengetahui rekam jejak calon kepala daerah pilihannya.

"Orang yang sekarang maju pada Pilkada dan jelas-jelas atau tidak lama menjadi tersangka, akan lebih baik diumumkan sebelum Pilkada digelar. Agar masyarakat mengetahui kalau orang itu bermasalah," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Pontianak, seperti dikutip Antara, Senin, (5/3/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menyebut, sudah ada nama calon kepala daerah yang akan ditetapkan sebagai tersangka. Namun, dia enggan memaparkan kepala daerah yang dimaksud. Pihaknya masih memastikan alat bukti yang kuat untuk ditetapkan sebagai tersangka.

Kedatangan Pimpinan KPK tersebut ke Pontianak guna membuka pelatihan bersama dalam peningkatan kapasitas aparat penegak hukum terkait penanganan tindak pidana korupsi di Provinsi Kalimantan Barat. Pelatihan dijadwalkan berlangsung dari tanggal 5 Maret hingga 9 Maret 2018.

“Tujuan diselenggarakan pelatihan bersama ini, yakni melakukan peningkatan kepada aparat terkait proses. Mulai dari penyelidikan, penyidikan, hingga penuntutan dan pengetahuan,” kata dia.

Selain itu, pelatihan bersama tersebut guna meningkatkan kemampuan yang bersifat khusus kepada aparat penegak hukum dan memperdalam pengetahuan teknis penanganan perkara tindak korupsi.


Infografis (era.id)

Tag: ott kpk korupsi kepala daerah pilkada 2018 kpk korupsi bakamla

Bagikan: