Ganjil Genap Harus Diimbangi Peran Angkutan Umum

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyiapkan sarana transportasi alternatif. Hal itu menyusul rencana Kementerian Perhubungan yang menginisiasi kebijakan ganjil-genap di Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jakarta-Tangerang.

"Ganjil genap harus diimbangi dengan kompensasi angkutan umum yang memadai. Sehingga ganjil genap tidak merugikan konsumen, karena konsumen ada sarana transportasi alternatif untuk bepergian," kata Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi melalui pesan singkat, Sabtu (14/4/2018).

Meski begitu, YLKI menilai penerapan ganjil genap di Tol Jagorawi dan Tol Tangerang Jakarta sudah tepat. Mengingat V/C rasio di kedua pintu tol tersebut sudah di atas 1. Padahal maksimal V/C rasio maksimal suatu ruas jalan hanya 0,85, sedangkan V/C rasio paling ideal adalah 0,5.

YLKI juga mengingatkan BPTJ agar jangan menjadikan ganjil genap sebagai solusi permanen kurangi kemacetan.

Baca Juga : Kapolri: Hindari Tilang Selama Sosialisasi Ganjil Genap

"Instrumen ganjil genap seharusnya bersifat sementara, bukan permanen. Secara regulasi, instrumen pengendalian lalu-lintas yang sudah mempunyai dasar hukum kuat adalah ERP (Electronic Road Pricing), atau jalan berbayar. Maka, BPTJ harus mulai menggodog dengan serius implementasi jalan berbayar, terutama jika LRT/MRT sudah beroperasi," lanjut Tulus.


(Istimewa)

Baca Juga: DPR: Aturan Ganjil Genap di Tol, Aneh

Uji coba ganjil genap Tol Jagorawi dan Tol Tangerang Jakarta akan dimulai pada Senin (16/4/2018). Ganjil genap di Jagorawi akan diterapkan Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta, mulai pukul 06.00-09.00 WIB, Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional.

Sedangkan ganjil genap di Tangerang-Jakarta akan diterapkan di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 arah Jakarta, mulai pukul 06.00-09.00 WIB, Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional. Sebelumnya, kebijakan ini juga sudah diterapkan di Tol Cikampek.  Sebelumnya, kebijakan ini sudah diterapkan di Tol Cikampek.


(Istimewa)

Tag: ganjil-genap tol cikampek

Bagikan: