Kesiapan Jakarta-Palembang Menarik Turis Asian Games 2018

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi Potensi Wisata Jakarta dan Palembang (Hilda/era.id)

Jakarta, era.id - Kesiapan Asian Games 2018 tengah diuji. Bukan hanya menyiapkan Jakarta untuk Asian Games 2018, tapi juga Palembang. Kesiapan Asian Games 2018 tentu bergantung pada semua pihak, bukan cuma pemerintah, namun segenap masyarakat Indonesia.

Kesiapan Asian Games 2018 adalah niscaya, sebab menjadi tuan rumah yang baik adalah tujuan yang hendak dicapai. Bukan cuma memenangi perhelatan dengan menjadi negara peraih medali terbanyak. Lebih penting dari itu, memenangi berbagai aspek kehidupan dalam pergaulan internasional.

jujur saja, Asian Games 2018 adalah pintu masuk paling tepat untuk mewujudkan cita-cita menjadi bangsa pemenang. Sebab, Asian Games 2018 merupakan momentum Indonesia mempromosikan jati diri bangsa yang penuh potensi untuk menjadi negara besar. Bayangkan, seberapa tinggi bangsa ini bisa terbang dengan bantuan Asian Games 2018 sebagai roket pendorong?

Mari, kita berandai-andai. Kalau kamu turis Asian Games 2018, dan memiliki banyak waktu untuk dihabiskan di Jakarta, mau ke mana saja kamu?

Jakarta untuk Asian Games 2018

Monumen Nasional (Monas) merupakan landmark termasyhur yang bisa ditawarkan Ibu Kota. Di sana, para turis dapat berwisata penuh edukasi, menghayati beberapa potongan sejarah bangsa Indonesia, lewat diorama perjuangan kemerdekaan bangsa hingga rekaman suara proklamator saat memproklamirkan kemerdekaan.

Selain itu, tentu saja kita bisa menikmati taman-taman yang terhampar di sekitar areal Monas. Lebih asyik lagi, kita juga bisa menikmati pemandangan seluruh kota Jakarta dari atas ketinggian 132 meter di puncak Monas. Nah, yang enggak kalah penting dari semuanya, foto-foto jangan sampai terlewat, kawan!

Baca Juga : Sosialisasi Asian Games Perlu Digenjot

Selesai upgrade pengetahuan sejarah bangsa Indonesia dan cuci mata lihat Jakarta dari sudut tinggi, boleh lah kita melipir sedikit ke beberapa lokasi untuk manjain lidah dan isi perut menikmati berbagai kuliner khas Jakarta. 

Jakarta punya apa buat dimakan? Buanyak, cing! Kalau mau nasi uduk khas betawi, kita bisa datang ke Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Di sana, ada warung nasi uduk paling terkenal di seantero kota. Enggak cuma nasi uduk, Jakarta juga punya ragam kuliner lain khas betawi.

Bahkan, kita bisa menikmati semuanya di satu lokasi. Coba deh ke Setu Babakan. Di sana kita bisa menikmati berbagai warna-warni budaya betawi, suku asli Ibu Kota. Untuk makanan, ada soto betawi, ketoprak, dodol, sampai bir pletok yang enak banget buat menemani santap siang dan malam.

Selain berbagai landmark dan kuliner yang khas, Jakarta juga punya Pasar Tanah Abang, yang sudah sejak lama dipamerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada sejumlah tokoh penting dunia, mulai dari Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull hingga Direktur IMF, Christine Lagarde. Keduanya diseret Jokowi menyusuri lorong-lorong pasar yang kini memang telah dibenahi.

Palembang untuk Asian Games 2018

Nah, lalu bagaimana dengan Palembang? Tenang saja, kawan! Kita enggak bakal kebingungan buat menghabiskan waktu lowong di sela menyaksikan Asian Games 2018. Jembatan Ampera tentu enggak boleh ketinggalan dari itinerary kita. Biar bagaimana pun, Jembatan Ampera dan Sungai Musi di bawahnya adalah ikon penting Kota Palembang.

Selain Sungai Musi dan Jembatan Ampera, Palembang juga punya Gia Putri ogan Komering Ulu, Kebun Teh Pagar Alam, hingga Taman Nasional Sembilang. Nah, kalau bertualang di alam belum bisa menghentikan hasrat wisata kita, masih ada Kampung Lahat yang bisa jadi pilihan untuk berwisata sejarah.

Baca Juga : Cabor Baru Asian Games dan Aturan Mainnya

Kementerian Pariwisata disebut-sebut telah menyiapkan beberapa paket wisata yang sengaja dirancang untuk mengakomodasi hasrat wisata para turis dalam dan luar negeri selama gelaran Asian Games 2018. Paket-paket wisata diharapkan menjadi daya tarik tersendiri yang mampu menarik minat para turis.

Yak! Tentu saja, pengaturan paket wisata yang optimal terhadap landmark, kuliner maupun akomodasi selama gelaran Asian Games 2018 bakal sangat penting dilakukan, mengingat ini ajang besar. Berdasarkan prediksi, potensi wisatawan selama gelaran Asian Games 2018 mencapai 24.000 orang lebih.

Jumlah tersebut diprediksi akan terbelah ke dua daerah, Jakarta dan Palembang. Tapi, mungkin saja para turis nantinya menyebar ke sejumlah wilayah lain yang berada di sekitar Jakarta dan Palembang

Karenanya, selain kesiapan teknis terkait perhelatan besar, pemerintah juga tengah merancang sejumlah cara untuk menarik minat wisatawan. Asian Games 2018 adalah kesempatan besar buat bangsa Indonesia memperkenalkan jati diri bangsa, sekaligus menjadi ajang menyedot devisa.

Jadi, mari dukung pelaksanaan Asian Games 2018. Jadi tuan rumah yang baik, dan menjadi bangsa pemenang!


Infografis "Potensi Wisata Jakarta dan Palembang" (Hilda/era.id)

Tag: menjadi bangsa pemenang asian games 2018

Bagikan: