Sihar Siap Bangun Olahraga di Sumut Semakin Berkelas

Tim Editor

Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus. (Foto: Istimewa)

Medan – Calon gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus, berjanji membuat olahraga di Sumatera Utara semakin berkelas. Hal itu dia sampaikan saat menjadi pembicara di acara Sumut Sport yang ditayangkan TVRI, Kamis (21/6/2018). 

Sihar mengatakan, olahraga bisa semakin berkelas jika paradigma mengenai olahraga diperbaiki seiring dengan peningkatan sarana dan prasarananya. Menurut dia, paradigma yang menilai menjadi atlet tidak dapat menjamin masa depan harus diubah.

"Orang tua harus support anak, paradigma olahraga tidak penting perlu diubah. Sarana prasarana harus diperbaiki karena mustahil olahraga bagus kalau tidak didukung sarana prasarana," kata Sihar dalam acara tersebut.

Pembawa acara, Setia Pandia, sempat bertanya kepada Sihar bagaimana cara menyelesaikan persoalan klasik saat penyediaan sarana dan prasarana terbentur ketersediaan anggaran.

Baca Juga : Tangis Keluarga Korban KM Sinar Bangun Saat Bertemu Sihar?


(Foto: Istimewa)

Sihar menjawab, dia yakin masih banyak warga Sumut yang peduli dan mau berdonasi demi peningkatan prestasi olahraga. Hal itu dia sampaikan dari pengalaman pembangunan Stadion Teladan Medan yang modalnya berasal dari urunan warga. 

"Puluhan tahun lalu Stadion Teladan Medan dibangun dengan modal gotong royong. Saya yakin sekarang pun warga Sumut pasti tetap mau. Tapi ada yang perlu dibenahi bagaimana mengelola anggaran yang transparan," ucap Sihar.

Pernyataan Sihar diamini mantan atlet karate nasional, Sangkan Tampubolon. Menurut Sangkan, Indonesia kini tetap bisa mengukir prestasi membanggakan seperti atlet di era kepemimpinan Presiden Soekarno yang tegap dalam evant Ganefo. "Indonesia hari ini pasti lebih bisa," ucap Sangkan.

Baca Juga : PDIP Duga Mikrofon Djarot-Sihar Disabotase Saat Debat

Menurut Sangkan, selain semangat, pembina olahraga di Sumut juga harus melihat kekhususan 33 kabupaten/kota di Sumut agar potensinya berkembang dengan baik. "Karena tidak harus semua wilayah memiliki cabang olah raga yang sama," imbuh Sangkan.

Adapun Sihar yang gila bola mengatakan cabang olahraga pertama yang dia kenal adalah bulu tangkis. Tapi menurut Sihar, sepak bola adalah contoh olahraga sempurna karena para pemainnya datang dari semua kalangan.

"Dengan karakter itu, sepak bola menjadi tanda dan ukuran maju sebuah daerah atau bangsa," ungkap Sihar.

Tag: pilkada sumut pilkada 2018 djarot-sihar

Bagikan: