Profil Giring, Dulu Gagal Jadi Ketua BEM Paramadina, Kini Pede Mau Nyapres

Tim Editor

Ketua Umum PSI Giring Ganesha (Dok. Giring)

ERA.id - Nama Ketua Umum PSI Giring Ganesha Djumaryo kini naik daun. Bagaimana tidak, ia kerap menyerang Anies Baswedan dan memuji Jokowi.

Banyak yang belum tahu soal profil pria berambut kribo ini. Dari berbagai sumber, ERA.id mencoba merangkumnya. Mana tahu banyak yang bertanya, siapa Giring, politisi baru yang berani maju ke Pilpres 2024 walau partainya punya suara minim. Simak baik-baik ya!

Giring itu pernah menjadi vokalis Nidji selama beberapa tahun. Ia banyak mencuri perhatian di kalangan masyarakat pada masanya.


Belakangan pria kelahiran 14 Juli 1983 ini memilih hengkang dari band yang melambungkan namanya. Ia pun terjun ke politik dan masuk Partai Solidaritas Indonesia.

Awalnya ia cuma kader biasa, tak lama, tiba-tiba saja ia menjabat sebagai Ketua Umum PSI untuk menggantikan Grace Natalie. Hebat kan?

Keluarga

Giring dan keluarga kecilnya (Dok. Giring)


Giring lahir dari pasangan Djumaryo Imam Muhniy ang beretnis Jawa dan Irmawaty yang berasal dari Minangkabau.

Bapaknya adalah mantan wartawan foto kantor berita Antara, harian Berita Yudha, dan majalah Asri.

Pada 2010 silam, Giring menikahi janda bernama Chintya Riza. Perempuan yang enam tahun lebih muda darinya. Mereka lalu dikarunia anak perempuan yang diberi nama Aisyah, dan Jasmina serta anak lelaki bernama Abraham.

Karier

Giring Ganesha (Dok. Giring)


Giring membentuk Nidji pada tahun 2002 bersama Muhammad Ramadista Akbar (Rama), Andi Ariel Harsya (Ariel), Muhammad Andro Regantoro (Andro) dan Muhammad Adri Prakarsa (Adri).
Album pertama mereka pada 2006 dinamai Breakthru'. Album kedua mereka, Top Up, menyusul pada tahun 2007.

Pada tahun 2008, Nidji menulis "Laskar Pelangi", judul lagu untuk film Laskar Pelangi, saat di Makassar untuk sebuah konser.

Selanjutnya, Giring mengisi suara untuk film animasi es krim Paddle Pop Kombatei the Movie, sebuah tie-in untuk es krim Paddle Pop yang dipasarkan di Indonesia oleh Wall's.

Pendidikan

Giring dan keluarga kecilnya (Dok. Giring)


Giring adalah lulusan SMA Negeri 34 Jakarta. Pada 2002, Giring berkuliah di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Paramadina, tetapi ia dikeluarkan entah karena alasan apa.

Padahal, pada tahun 2003, ia bersama teman-temannya pernah terpilih sebagai delegasi kampus untuk mengikuti Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) di Universitas Budi Luhur.

Giring juga pernah mencalonkan diri sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Paramadina pada tahun 2004, tetapi tidak terpilih.

Kini siapa sangka, mantan vokalis yang pernah gagal jadi Ketua BEM di Paramadina ini, percaya diri akan maju ke Pilpres 2024. Nasib memang tiada yang tahu.

Kabarnya sekarang Giring tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka sejak 2020.

Tag: jokowi giring anies baswedan Giring Ganesha Partai Solidaritas Indonesia Giring Nidji profil giring ganesha

Bagikan: