17 Kontingen ASEAN Para Games 2022 Terpapar COVID-19, Panitia: Pertandingan Tetap Berjalan

| 03 Aug 2022 08:25
17 Kontingen ASEAN Para Games 2022 Terpapar COVID-19, Panitia: Pertandingan Tetap Berjalan
Ilustrasi atlet ASEAN Para Games 2022 (Antara)

ERA.id - Sebanyak 17 atlet dan official ASEAN Para Games 2022 dinyatakan terpapar Covid-19. Terkait hal ini Indonesian National Paralympic Organizing Comittee (INASPOC) tetap melanjutkan pertandingan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) INASPOC Rima Ferdianto mengatakan saat ini pertandingan tetap berjalan.

Untuk para atlet dan kontingen yang terpapar, saat ini menjalani isolasi di masing-masing kamar hotel.

”Kalau yang Semarang mereka masuk di Bapelkes (Balai Pelatihan Kesehatan) Semarang,” katanya.

Rima tak menjelaskan rincian dari cabang olahraga (cabor) apa saja yang terpapar Covid-19.

Namun yang dipastikan terpapar yakni dari cabor renang yang venue-nya di Gedung Olah Raga (GOR) Jatidiri Semarang.

”Saya nggak hafal dari mana saja, kalau yang Semarang jelas dari cabor renang. Kalau di Solo yang saya tahu dia official cabor catur yang langsung diisolasi di Hotel Lor In,” katanya.

Pasca adanya atlet yang terpapar, mereka semua langsung menjalani swab. Saat negatif, mereka diperkenankan kembali bertanding. Sementara yang positif, akan lansung diisolasi mandiri.

”Kecuali dari cabor Blind Judo. Mereka harus swab antigen tiap hari. Sebab mereka berkontak terus,” katanya.

Selain isolasi mandiri, para atlet dan official yang terpapar ini mendapat pemantauan kesehatan dari panitia INASPOC dan Satgas Covid-19. ”Mereka sudah dikontro oleh satgas (Covid-19) juga. Mereka juga diberi vitamin,” katanya.

Pasca paparan atlet ini, Rima menegaskan bahwa pertandingan tidak terganggu. Jika atletnya terpapar, maka dalam pertandingan ia dinyatakan walk over.

”Tidak mungkin ditunda. Sebab kalau ditunda, kita tidak tahu sampai kapan,” ucapnya.

Hal ini dilakukan karena merujuk pada kompetisi Asian Paralympic di Tokyo tahun 2021 lalu, ada ratusan kontingen yang terpapar.

”Dulu di Tokyo ada ratusan yang positif. Tapi kan kompetisi harus berjalan. Kalau ditunda, tidak ada jaminan kalau ditunda bakal hilang (Covid-19nya). Prinsipnya seperti itu,” ucapnya.

Kami juga pernah menulis soal Sepanjang Pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, 17 Atlet Terpapar COVID-19 Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi