Pengajian UAS Dibubarkan Polisi, Ini Penyebabnya

| 05 Jan 2021 13:57
Pengajian UAS Dibubarkan Polisi, Ini Penyebabnya
UAS (Instagram)

ERA.id - Pihak kepolisian terpaksa membubarkan pengajian yang dihadiri Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Amal Silaturahmi di Jalan Timah Putih, Kompleks Asia Mega Mas, Medan, Sumatra Utara, Senin (4/1).

Polisi menyebut, kegiatan pengajian ini memicu kerumunan massa yang hadir di masjid. Bahkan membuat personel kepolisian dan Satpol PP kuwalahan.

Kasat Binmas Polrestabes Medan, AKBP Reza Fahlevi Lubis mengatakan, tindakan membubarkan pertemuan tersebut demi menghindari klaster baru penularan Covid-19. Karenanya masyarakat diminta menjauhi kerumunan. 

"Kita hanya menjalankan aturan pemerintah untuk sama-sama mematuhi protokol kesehatan untuk selalu jaga jarak, hindari tempat keramaian, gunakan masker, cuci tangan pakai sabun," kata Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP Reza dalam keterangannya, Selasa (5/1/2020).

Reza pun berpesan, para jemaah agar mematuhi aturan yang ada. Dengan demikian maka dapat mencegah dan memutus penyebaran virus Corona lebih meluas lagi. 

Setelah diberi imbauan, para jemaah akhirnya mematuhi aturan prokes. Sebelumnya panitia juga kewalahan mengimbau jemaah agar membubarkan diri dari kerumunan.

Polisi kembali meminta masyarakat tak lagi berkerumun dan menerapkan protokol kesehatan. Dengan menggunakan pengeras suara, para jemaah diingatkan bahwa tempat pengajian telah penuh. "Maaf ibu-ibu, tempat sudah penuh," ucap Reza. 

Sekitar pukul 13.15 WIB, UAS baru tiba di masjid. Guna menghindari keramaian, Jalan di depan masjid terpaksa ditutup dari pengendara. Ceramah UAS sendiri selesai sekitar pukul 14.30 WIB. Jemaah yang sempat berkerumun di sekitar lokasi mulai membubarkan diri.

Rekomendasi