Tak Ada Lampion di Pasar Gede Solo Saat Imlek Tahun Ini

| 01 Feb 2021 18:48
Tak Ada Lampion di Pasar Gede Solo Saat Imlek Tahun Ini
Pasar Gede Solo (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Tahun ini gelaran pesta lampion Pasar Gede, Solo dipastikan absen dalam momen Tahun Baru Imlek 2572. Absennya lampion di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga jalan Urip Sumoharjo, Solo ini karena pandemic Covid-19 belum usai.

Biasanya, sebulan sebelum perayaan Imlek, kawasan Pasar Gede Harjonagoro, Solo selalu dihiasi dengan ribuan lampion yang terhampar  menghiasi kawasan Pasar Gede. Spot ini biasanya menarik pengunjung untuk berswafoto.

”Kami sudah konsultasi dengan Pemkot Solo. Tahun ini pemasangan lampion kami tiadakan,” ucap Ketua Panitia Imlek Bersama 2572/2021 Sumartono Hadinoto, Senin (1/2/2021).

Biasanya sebulan menjelang hari raya Imlek, lampion sudah terpasang. Namun karena dipastikan akan mengundang kerumunan, akhirnya lampion Pasar Gede ditiadakan.

”Kalau tahun lalu, hari-hari ini sudah terpasang. Sebab tujuannya memang untuk membranding kota Solo. Tapi resikonya menimbulkan kerumunan massa. Makanya lebih baik tidak dipasang,” kata Sumartono.

Selain meniadakan pemasangan lampion, kegiatan untuk menyambut dan merayakan Imlek yang lain juga ditiadakan. Panitia memutuskan untuk melarang barongsai turun ke jalan.

”Kami mengimbau keluarga melakukan silaturahmi lewat online saja. Tidak perlu berbondong-bondong berkunjung ke handai taulan. Angpaonya bisa ditransfer,” katanya.

Namun, panitia akan menyediakan kue keranjang bagi yang melakukan donor darah sejak tanggal 10, 11, 12, 13, dan 14 Februari. Ini sebagai bentuk apresiasiasi masyarakat agar tetap peduli terhadap sesama.

”Kita semua prihatin dengan kondisi pandemic saat ini. Makanya kita para pengusaha dan semuanya berusaha agar bisa berbagi dengan sesama, harapannya kita semua tetap optimis dan bertahan di tengah pandemic ini,” ucapnya.

Rekomendasi