Akun Instagram Pemkot Solo Masih Tumbang, Gibran Ogah Lapor ke Polisi, Malah Bilang Begini

| 09 Oct 2021 20:26
Akun Instagram Pemkot Solo Masih Tumbang, Gibran Ogah Lapor ke Polisi, Malah Bilang Begini
Gibran rakabuming (Dok. Antaranews)

ERA.id - Hingga kini akun Instagram resmi milik Pemkot Solo @pemkot_solo belum bisa dipulihkan. Pemkot Solo untuk sementara waktu menonaktifkan akun tersebut sebagai langkah keamanan.

"Pengumuman, akun Instagram @pemkot_solo untuk sementara dinonaktifkan untuk pengamanan lebih lanjut." Pengumuman ini disampaikan oleh Humas Pemkot Solo melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.  

Langkah ini dilakukan setelah beberapa kali upaya pengamanan dari Pemkot Solo untuk menyelamatkan akun tersebut gagal. Akun ini mulai terdeteksi diretas sejak Sabtu (9/10) pukul 00.00 WIB dini hari. Tiga kali ada pengumuman akun tersebut sudah kembali pulih, namun akhirnya akun dinonaktifkan karena peretas yang mengatasnamakan @chinahackermemes kembali menguasai akun tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan telah melaporkan hal ini pada pihak Facebook yang menjadi induk perusahaan Instagram. "Sudah dilaporkan ke Facebook," kata Gibran.

Saat ini persoalan peretasan ini tengah ditangani oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian Kota Solo. Gibran juga memperkirakan persoalan ini akan selesai dalam sehari hingga dua hari kedepan. Dia juga tidak berniat membawa persoalan ini ke pihak kepolisian.

"Biasa, nanti sehari atau dua hari sudah balik lagi. Ngopo ndadak lapor polisi (Ngapain harus lapor polisi)," katanya.

Rekomendasi