Setahun Kepemimpinan Gibran, 79,3 Persen Masyarakat Puas, Apa Indikatornya?

| 18 Feb 2022 16:12
Setahun Kepemimpinan Gibran, 79,3 Persen Masyarakat Puas, Apa Indikatornya?
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Satu tahun kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo diklaim telah memberikan kepuasan bagi masyarakat. Kesimpulan ini didapat dari hasil penelitian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo tentang Indeks kepuasan Masyarakat (IKM) kepemimpinan Gibran-Teguh.

Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Unisri Solo, Suwardi mengatakan penelitiannya menyasar pada warga kota Solo yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ada 550 responden yang diwawancara secara face to face yang dilaksanakan dari 7-15 Februari 2022.

”Dari penelitian ini hasilnya rata-rata skor yang diberikan responden untuk kepemimpinan Gibran-Teguh sebesar 79,3 persen,” kata Suwardi saat jumpa pers di Unisri, Jumat (18/2/2022).

Ada beberapa poin yang menjadi indikator. Diantaranya kualitas pelayanan aparat Pemkot Solo Gibran dan Teguh dinilai menjalankan sangat baik dengan nilai 88 persen, kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas juga mendapatkan angka baik dengan 84 persen. Sementara untuk indikator vaksinasi Covid-19 dengan inisiasi Pemkot Solo mendapat nilai sekitar 83,3 persen.

Pada indikator penegakan disiplin protokol kesehatan nilainya sedikit menurun dengan nilai 74 persen. Namun secara mayoritas responden mengatakan baik. Untuk indikator pengaturan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) nilainya juga tidak tinggi, hanya 57,6 persen. Nilai hampir sama juga diperoleh dalam indikator pengaturan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan angka 59 persen.

”Terkait PTM ini Pemkot Solo dianggap belum siap. Ada yang menganggapnya gagal, selama ini responden menganggap Pemkot terlalu berhati-hati, kesannya cenderung ragu-ragu,” katanya.

Untuk kebijakan ekonomi dengan kesehatan, responden memahami Pemkot Solo berusaha menyeimbangkan kebijakan antara ekonomi dan kesehatan. Terbukti ada 70 persen responden yang puas. Hanya 20 persen masyarakat yang menilai Pemkot Solo berorientasi pada kesehatan, sementara hanya 7,5 persen masyarakat yang menganggap Pemkot Solo lebih condong pada kepentingan ekonomi.

Sementara dalam indikator respon pada keluhan masyarakat, 65 persen responden menganggap Gibran cukup responsif. Sementara untuk sikap ketegasan Gibran, suami dari Selvi Ananda ini sudah dianggap tegas oleh 65,8 responden. Dan untuk tingkat kepercayaan masyarakat secara keseluruhan, Gibran mendapatkan nilai sangat tinggi.

”Sebanyak 90 persen responden percaya dengan kepemimpinan Gibran,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Aksi Duet Gibran dan FX Rudyatmo Melawan Mantan Atlet Nasional Sigit Budiarto Bermain Bulu Tangkis Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi