Kasus Baru Covid-19 DIY Pecahkan Rekor, Sultan Minta Acara Seni di Malioboro Disetop: Risikonya Besar

| 25 Feb 2022 10:21
Kasus Baru Covid-19 DIY Pecahkan Rekor, Sultan Minta Acara Seni di Malioboro Disetop: Risikonya Besar
Sri Sultan Hamengku Buwono X (Dok. Humas DIY)

ERA.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta untuk menghentikan acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti kegiatan kesenian.

Hal ini menyusul kasus Covid-19 di DIY yang terus meningkat, bahkan tambahan kasus baru di gelombang Omicron ini mencapai lonjakan di masa varian Delta dan jadi rekor tertinggi sepanjang pandemi.

Sultan menyatakan, saat ini masalahnya bukan pada penutupan atau pembukaan akses ke DIY. Namun lebih kepada disiplin protokol kesehatan, terutama menghindari kerumunan dan memakai masker.

“Kesadaran masyarakat disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker itu penting. Kalau kena, OTG (orang tanpa gejala), ya sudah di rumah aja,” kata Sri Sultan, Kamis (24/2/2022).

Varian baru Omicron ini menurut Sultan memang sangat cepat penularannya. Untuk itu, menghindari kerumunan menjadi upaya ampuh mencegah penularan.

Sultan bahkan menitahkan untuk meniadakan kesenian-kesenian yang digelar di ruang publik, seperti di sentra PKL Malioboro, demi menghindari kerumunan.

“Saya minta diberhentikan aja dulu karena semua terus bergerombol di situ. Nanti risikonya jadi besar," katanya.

Sultan pun mengatakan sudah menyiapkan shelter tambahan. Namun ia tetap menekankan penambahan jumlah shelter ini tetap harus diikuti dengan disiplin prokes yang ketat.

"Penambahan shelter tidak ada masalah, kita sudah menyiapkan di Hotel Mutiara, kalau penuh kami masih punya shelter PU di Kalasan. Tetapi masalahnya saat ini adalah bagaimana kesadaran warga masyarakat itu tidak turun. Dalam arti tidak turun itu semaunya sendiri berkerumun, tidak memakai masker,” ucap Sultan.

Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Humas dan Protokol, Setda DIY Ditya Nanaryo Aji sebelumnya menyatakan bahwa penambahan kasus harian Covid-19 di DIY pada Kamis (24/2) telah melampaui rekor tertinggi sebelumnya, yakni dengan 2866 kasus.

"Ini kenaikan tertinggi kasus harian Covid-19. Semoga segera melandai," ujar Ditya.

Total kasus terkonfirmasi DIY menjadi 182.758 kasus dengan di antaranya 21.749 kasus aktif.

Kami juga pernah menulis soal Update Corona 23 Februari 2021: Kasus Harian dan Kematian Akibat Covid-19 Naik Lagi di Atas 60 Ribu Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags :
Rekomendasi