Tips Memilih Cincin Kawin Sempurna untuk Hari Pernikahan

Tim Editor

Ilustrasi cincin pernikahan (Unsplash/@eugenivy_reserv)

ERA.id - Cincin merupakan sesuatu yang tak boleh luput dari banyaknya persiapan pernikahan yang harus dilakukan. Sebab cincin adalah simbol yang akan memberi tanda bahwa kamu sudah menikah nantinya.

Untuk itu sebelum menyiapkan cincin dan berbagai perhiasan yang akan dipakai saat menikah nanti, pertimbangkan beberapa hal dalam mempersiapkannya. Seperti dirangkum dalam siaran pers brand jewelry ternama Frank & Co dalam acara pembukaan gerai di Sogo Central Park, berikut tips memilih cincin dan perhiasan pernikahan.

1. Mulai lebih awal untuk mencarinya

Mulai riset sekitar 6-8 bulan lebih awal atau buat daftar akan merk cincin kawin kepercayaanmu, kunjungi ritel perhiasan favoritmu dan perhatikan juga biasanya butuh 6-8 minggu untuk memproduksi cincin kawin secara dari awal. Karena biasanya cincin kawin akan dibuat dari awal sesuai ukuran jari si pasangan. Jadi jika tiba-tiba ada perubahan ukuran jari bisa lebih kurus atau lebih gemuk bisa di adjust.

2. Pertimbangkan budget-mu

Kalkulasi ulang dan tentukan secara pasti angkanya. Sebut saja 7-10% dari keseluruhan budget pernikahanmu yang akan disisihkan untuk cincinkawin. Mengapa memilih budget di angka ini, sebagai pertimbangan bahwa cincin kawin ini akan dipakai seumur hidup, resepsi pernikahan akan tinggal sejarah namun cincin ini akan tersemat selamanya selama ikatan pernikahan ini ada. Ini juga akan membuatmu tidak menjadi bingung ketika memilih cincin kawin, karena banyaknya pilihan di pasaran. Setelah mengetahui budget untuk cincin kawin, kamu akan tahu apakah kamu akan menambahkan batu berharga di atasnya, karena pasti akan menunjukkan perbedaan harga yang signifikan. 

3. Gaya hidup dan gaya personal

Cincin kawinmu harus sesuai dengan gaya hidupmu. Ingat bahwa kamu akan memakainya setiaphari, setiap waktu untuk seumur hidup, sehingga bisa sesuai dengan aktivitas harianmu. Gaya hidupmu bisa membuat mu menentukan gaya cincin kawin, dari logamnya hingga desainnya.

4. Bagaimana dan di mana memilih peritel perhiasan

Memilih peritel terpercaya dibutuhkan survei oleh kamu sendiri, tentang kualitas produk, servis, garansi harga yang sesuai dan sertifikatnya, dan terakhir adalah pertimbangkan mengenai testimoni pelanggannya.

5.  Kualitas produk

Kalau kamu memilih platinum sebagai logamnya, pastikan peritelnya menyediakan platinum berkualitas terbaik. Kalau kamu memilih emas sebagai logam pada cincin kawinmu, pastikan bahwa emasnya tak lebihdari 18K, karena semakin lunak kadar emasnya maka akan lebih rentanter gores.

6. Apa yang termasuk dalamservismereka

Semua perhiasan, termasuk cincin kawin membutuhkan perawatan minimal setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu. Pastikan peritel tersebut menyediakan servis purna jual seperti garansi seumur hidup.

7. Garansi harga yang sesuai dan sertifikatnya

Kamu tentunya tidak akan memilih cincin kawin dengan gram dan karat yang sama namun dengan harga yang lebih mahal, kan? Ketika kamu tahu berapa banyak kadar emas danbesar Karat-nya, kamu harus membandingkan dengan peritel yang lain dan harga global. 

8. Testimoni lain

Kamu bisa mengumpulkan testimoni dari teman, keluarga, atau lewat media sosial mengenai merk yang kamu pilih.

Tag: fashion perhiasan pernikahan

Bagikan: