Ini Dia Helm Tempur Tom Cruise di Film Top Gun yang Terjual Rp4,8 Miliar

Tim Editor

Tom Cruise (Instagram)

ERA.id - Helm tempur yang dipakai oleh Tom Cruise di film Top Gun terjual dengan harga fantastis yakni 250 ribu poundsterling atau sekitar Rp4,8 miliar. Helm ikonik itu terjual di acara lelang yang dilaksanakan pada 26-27 Agustus 2020. 

Helm tempur yang dipakai oleh aktor 58 tahun ini masuk ke dalam daftar lelang yang diselenggarakan oleh Prop Store. Di mana acara lelang tahunan itu dikenal dengan nama Entertainment Memorabilia Live Auction. 

Meski dalam film Top Gun tim produksi membuat 10 helm yang sama dengan Cruise, pihak Prop Store memastikan helm tempur itu asli dan bisa dipastikan memang dipakai oleh Cruise. 

“Kami tidak bisa menyatakan secara spesifik bahwa layarnya usang, tapi itu asli dari produksi,” kata kepala oprasi Prop Store, Brandon Alinger, dikutip dari CNN, Selasa (1/9/2020). 

Dari 10 helm yang ada beberapa helm sudah dijual lebih dulu oleh pihak film mulai dari dua helm ke Smithsonian Institution, tiga helm dijual ke Hard Rock Cafe, dan sisanya diberikan ke produser, sutradara, dan Tom Cruise sendiri. 

Helm Tempur Tom Cruise di Film Top Gun (Dok. Prop Store)

Selain helm tempur di film Top Gun, di acara ini juga banyak dijual berbagai barang yang muncul di film-film ternama seperti dari film Star Wars, Star Trek, Doctor Who, Terminator, dan masih banyak lagi. 

Pihak penyelenggara kali ini juga fokus dengan barang-barang dari film yang rilis sekitar tahun 1960 hingga 1990-an. Kostum Darth Vader misalnya yang dipakai untuk promosi film Star Wars dan dibuat sekitar tahun 1977 atau 1978. 

Kostum itu diharapkan bisa laku terjual di angka 150 ribu hingga 250 ribu dolar AS atau sekitar Rp3,6 miliar. Kemudian ada helm Stromtrooper, pesawat luar angkasa ukuran 11 kaki dari film Alien, boneka miniatur ukuran 1:4 dari Queen Xenomorph di film sekuel Alien, dan masih banyak lagi. 

Acara lelang yang biasanya dilakukan secara langsung ini terpaksa digelar secara virtual akibat adanya pandemi. Para penawar pun bisa mengajukan penawaran mereka lewat situs online atau melalui sambungan telepon.

 

 

Tag: film helm ruang angkasa

Bagikan: