Rekomendasi Film Bertema Banjir yang Menegangkan

Tim Editor

Cuplikan film The Impossible. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Banjir telah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Di Sukabumi, banjir bandang bahkan merendam ratusan rumah dan dua warga dilaporkan hanyut terseret arus, Senin (21/9). Bencana alam banjir juga banyak mengilhami para sineas untuk membuat film.

Beberapa film yang akan direkomendasikan ini bisa menjadi pengingat sekaligus menjadi kewaspadaan masyarakat tentang bahaya dan dampak dari banjir yang terjadi. 

Flood

Film garapan sutradara Tony Mitchell ini mungkin yang paling related dengan beberapa musibah banjir yang saat ini sedang melanda di beberapa wilayah Indonesia. Di mana salah satu penyebab banjir akibat hujan deras dan membuat volume air di pintu sungai Thames, London meluap. 

Banjir luar biasa pun terjadi di London dan membuat kota menjadi gelap gulita. Kepanikan warga dan kengerian akibat air yang meluap pun terjadi dan menimbulkan kehancuran kota.

Flood dibintangi oleh sejumlah aktor hebat seperti Robert Carlyle, Jessalyn Gilsig, Tom Courtenay, dan juga David Suchet. 

The Impossible

Bisa dibilang film ini seperti kejadian nyata Tsunami yang menimpa Asia Tenggara tahun 2004 khususnya, Thailand. Di mana Maria (Naomi Watts), Henry (Ewan McGregor), dan ketiga anaknya pergi berlibur ke Thailand.

Tepat pada 24 Desember 2004 saat mereka sedang asik berenang, terjadi dentuman keras dan menyebabkan air laut pasang. Tsunami yang tak bisa terhindari itu menghantam banyak orang, termasuk keluarga Henry. 

Mereka sekeluarga pun terombang-ambing di air dan terpisah satu sama lainnya. Bahkan Maria hampir menyerah dan kelelahan setelah menemukan putranya, Lucas saat berada di air. 

Film ini disutradarai oleh J. A. Bayona dan mendapat respons yang baik dari para kritikus film. Bahkan Naomi Watts dinominasikan untuk Golden Globe hingga Academy Awards untuk aktris terbaik. 

Crawl 

Sama seperti film Flood, Crawl juga berkisah tentang hujan badai yang menyebabkan air di dalam bendungan meluap hebat dan menghantam kota Florida. Haley (Kaya Scodelario) harus bergegas menemukan ayahnya (Barry Pepper) di tengah badai. 

Sayangnya saat sudah bersama banjir bandang melanda daerah rumahnya. Masalah semakin sulit saat air itu bercampur dengan banyaknya buaya dari tempat penangkaran buaya di sekitar. 

Mampukan Haley dan ayahnya selamat dari badai sekaligus buaya ganas? 

Ketiga film bertema banjir di atas ini tentu saja bukan terjadi begitu saja. Melalui film di atas semoga para penonton bisa tetap mawas diri dan menjaga lingkungan sekitar agar musibah banjir bisa sedikit berkurang. Hal termudah ialah dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Tag: film western resensi film film terbaik

Bagikan: