Pertama Sepanjang Sejarah Golden Globe, 3 Sutradara Wanita Berhasil Masuk Nominasi Sutradara Terbaik

| 04 Feb 2021 12:45
Pertama Sepanjang Sejarah Golden Globe, 3 Sutradara Wanita Berhasil Masuk Nominasi Sutradara Terbaik
Golden Globe 2021 (Instagram)

ERA.id - Tiga sutradara wanita hebat akhirnya mencetak sejarah baru di ajang penghargaan Golden Globe 2021. Kali ini sutradara wanita mendominasi kategori Sutradara Terbaik untuk Golden Globe 2021. 

Daftar nominasi Golden Globe 2021 resmi diumumkan pada Rabu (3/2/2021) oleh Sarah Jessica Parker dan Taraji P. Henson. Pengumuman ini dibacakan secara virtual untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Golden Globe. 

Ada hal menarik sekaligus menjadi sejarah bagi ajang penghargaan yang dikenal rasis dan mendominasi laki-laki itu. Di mana keajaiban yang tak terduga terjadi untuk kategori Sutradara Terbaik. 

Dalam kategori Sutradara Terbaik, Regina King (One Night in Miami), Chloe Zhao (Nomadland), dan Emerald Fennell (Promising Young Woman), semuanya mendapatkan nominasi Sutradara Terbaik tahun 2021.

Nominasi ini adalah pertama kalinya dalam sejarah penghargaan. Di mana tiga wanita dinominasikan untuk kategori yang sama, yaitu Sutradara Terbaik.

Sebagaimana diketahui, selama tujuh dekade Golden Globe digelar, hanya ada lima nama sutradara wanita yang berhasil masuk ke nominasi itu yaitu, Barbra Streisand (pada 1984 untuk Yentl dan pada 1991 untuk The Prince of Tides), Jane Campion (pada 1994 untuk The Piano) , Sofia Coppola (tahun 2004 untuk Lost in Translation), Kathryn Bigelow (tahun 2010 untuk The Hurt Locker dan 2013 untuk Zero Dark Thirty), dan Ava DuVernay (pada 2015 untuk Selma). 

Sikap rasis dan tak adil dengan para sineas wanita ini pernah disindir oleh Natalie Portman saat membacakan nominasi Sutradara Terbaik tahun 2018. Saat itu Portman menyindir “Dan ini semua nominasi pria” dengan wajah sedikit sinis. 

Selain mencetak sejarah dengan tiga nama sutradara wanita untuk satu kategori yang sama, Regina King adalah wanita kulit hitam kedua dalam sejarah yang mendapatkan pengakuan dalam kategori sutradara terbaik, mengikuti jejak Ava DuVernay.

Terlepas dari hal itu, Golden Globe ke-78 akan digelar pada 28 Februari 2021. Acara ini bisa disaksikan di lebih dari 210 wilayah di seluruh dunia. 

Rekomendasi