4 Penyebab Tenggorokan Terasa Kering padahal Sudah Minum Banyak dan Cara Mengatasinya

| 25 Nov 2022 17:00
4 Penyebab Tenggorokan Terasa Kering padahal Sudah Minum Banyak dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi sakit tenggorokan (freepik)

ERA.id - Secara umum, rasa kering di tenggorokan akan reda setelah meminum air. Namun, bagaimana jika tenggorokan terasa kering padahal sudah minum banyak?

Beberapa hal bisa menjadi penyebab dari hal tersebut. Tenggorokan kering bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan seseorang. Anda perlu melakukan penanganan yang tepat agar hal tersebut tidak semakin buruk. Dikutip Era dari Kompas, berikut adalah beberapa penyebab tenggorokan kering (meski sudah minum banyak) dan cara mengatasinya.

Penyebab Tenggorokan Terasa Kering padahal Sudah Minum Banyak dan Cara Mengatasi

1.    Alergi

Secara umum, alergi bukanlah hal yang berbahaya. Hal ini terjadi sebagai bentuk reaksi sistem kekebalan yang berlebihan terhadap zat tertentu. Ada banyak hal yang bisa memicu alergi, seperti serbuk sari, rumput, debu, dan bulu hewan.

Saat sistem kekebalan tubuh bereaksi dan memicu alergi, tubuh melepaskan histamin. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai gejala, misalnya batuk, bersin, pilek, dan hidung tersumbat.

Hidung tersumbat akibat alergi bisa menjadi salah satu pemicu tenggorokan terasa kering, bahkan sakit.

·         Cara mengatasi

Hal tersebut perlu diatasi dengan menhindari pemicu alergi. Hal lain untuk mengatasi atau mengontrol kondisi ini mengonsumsi antihistamin, dekongestan, atau suntikan alergi.

2.    Flu

Ilustrasi flu (unsplash)

Flu adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gangguan kesehatan ini juga bisa menyebabkan tenggorokan terasa kering dan gatal.

·         Cara mengatasi

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan istirahat dalam jumlah yang lebih banyak. Hal tersebut harus dilakukan untuk memberi waktu kepada tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Cara lain untuk mempercepat penyembuhan adalah mengonsumsi minuman hangat.

3.    Radang tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan adalah bakteri. Radang merupakan suatu infeksi yang bisa menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan kering. Tak hanya itu, radang pada tenggorokan juga dapat memicu demam, amandel, dan pembengkakan kelenjar getah bening pada leher.

·         Cara mengatasi

Dalam upaya mengatasi masalah ini, dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri terkait. Untuk meredakan gejala yang dialami, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, misalnya ibuprofen atau acetaminophen.

4.    GERD

GERD merupakan kondisi yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Gangguan kesehatan ini bisa memicu berbagai gejala, misalnya munculnya sensasi terbakar pada dada, sulit untuk menelan, dan batuk kering. Saat asam mencapai tenggorokan, tenggorokan bisa terasa kering dan sakit.

·         Cara mengatasi

Anda perlu menetralkan asam lambung tersebut. Untuk melakukannya, Anda bisa mengonsumsi antasida. Beberapa obat juga bisa dikonsumsi untuk membantu mengurangi dan memblokir produksi asam lambung, contohnya simetidin atau lansoprazole. Anda perlu menjaga berat badan ideal dan menghindari konsumsi makanan/minuman pemicu asam lambung agar GERD tidak terjadi lagi.

Itulah beberapa penyebab tenggorokan terasa kering padahal sudah minum banyak. Identifikasi terhadap penyebab masalah kesehatan perlu dilakukan dengan tepat agar penanganan bisa segera dilakukan dengan tepat pula.

Rekomendasi