Bergabung dalam Forum Kesehatan SehatQ Ternyata Banyak Manfaat, Berikut Deretannya

| 21 Sep 2021 05:00
Bergabung dalam Forum Kesehatan SehatQ Ternyata Banyak Manfaat, Berikut Deretannya
Ilustrasi kesehatan (Wikimedia Commons)

ERA.id - Pernah tidak Anda heran melihat seseorang yang seperti kecanduan mengikuti forum-forum di internet? Sebuah forum online memang dapat dilihat dari beberapa perspektif.

Forum online bisa membuat Anda terjebak dalam pembicaraan tiada henti yang menghabiskan waktu jika dilihat secara negatif. Namun jika forum yang Anda ikuti terpercaya dan cenderung tersegmentasi, seperti forum kesehatan, manfaat positifnya tidak bisa dipandang remeh.

Salah satu forum kesehatan yang layak Anda ikuti adalah fitur Forum Kesehatan yang ada di platform SehatQ. Secara garis besar, forum online di SehatQ ini tidak ubahnya seperti forum-forum kesehatan lainnya.

Di sana, Anda bisa bertanya mengenai berbagai hal seputar kesehatan dan masalahnya, serta mendapat jawaban dari operator yang disediakan oleh platform tersebut.

Jadi sebenarnya, manfaat apa saja yang dapat Anda raih dengan mengikuti jenis forum online yang ada di platform SehatQ ini? Berikut ini paparannya.

Terhindar dari hoaks

Misinformasi tentang masalah kesehatan tidak bisa dipandang sepele. Saran-saran yang berseliweran lewat berita yang tersebar di media sosial maupun grup-grup komunikasi keluarga bahkan bisa menjadi racun yang membahayakan, apabila Anda dengan sembarangan mengikuti sarannya.

Pasalnya, saran-saran tersebut bisa jadi hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Anda bisa bayangkan ketika Anda mengikuti suatu informasi palsu, kemudian justru melahirkan kondisi masalah kesehatan baru? Tentu ini bukan sekadar menyebalkan, namun juga membahayakan.

Mendapat informasi terpercaya

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Medical Internet Research, informasi yang ada di forum keseharan online sebagian besar dapat dipercaya. Informasi-informasi di forum kesehatan online cenderung memenuhi tiga kriteria keabsahan informasi, yaitu akurasi, kelengkapan, logis.

Tidak terkecuali ketika Anda mengikuti fitur Forum Kesehatan SehatQ, Anda bisa memperoleh informasi-informasi terpercaya yang cenderung aman apabila Anda ikuti tips-tipsnya.

Ini karena jawaban yang tersedia di Forum Kesehatan SehatQ berasal dari dokter-dokter yang merupakan bagian tim aplikasi konsultasi kesehatan online, yang sudah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia.

Belajar dari kasus serupa

Anda mungkin termasuk silent readers, yang cenderung malu untuk bertanya di dalam forum ataupun diskusi. Lalu, manfaat apakah yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti fitur Forum Kesehatan SehatQ?

Tentu saja Anda juga bisa mendapat manfaatnya. Anda bisa belajar dari kasus-kasus serupa yang hendak ingin Anda tanyakan lewat cerita-cerita orang lain dan jawaban yang diberikan kepada mereka.

Mendapat saran solutif

Ketika mengikuti suatu forum online, dalam hal ini forum kesehatan, Anda bisa langsung mendapat jawaban terkait hal yang Anda bingungkan.

Contohnya ketika Anda sedang kebingungan dengan masalah kesehatan yang Anda alami dan menanyakannya di Forum Kesehatan, Anda bisa langsung mendapat saran solutif dari tim penjawab di forum kesehatan tersebut.

Di sana, rata-rata tim penjawab sendiri merupakan tenaga kesehatan yang terpercaya. Di fitur Forum Kesehatan SehatQ, tim penjawab dalam fitur Forum Kesehatan adalah tim dokter yang tergabung di platform ini, yang semuanya sudah teregistrasi di Ikatan Dokter Indonesia.

Menjadi navigasi keputusan kesehatan

Mendapat jawaban di Forum Kesehatan SehatQ tidak sekadar membuat Anda bisa memperoleh informasi yang terpecaya dan solutif. Lewat informasi dan jawaban di forum tersebut, Anda juga bisa mengambil langkah lanjutan terkait kondisi kesehatan Anda.

Jika memang dirasa cukup mengkhawatirkan dan membutuhkan penanganan medis segera, Anda pun bisa lebih yakin untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Tidak semua forum online akan menjebak Anda dalam rutinitas membuang waktu yang sia-sia. Khususnya ketika Anda mengikuti Forum Kesehatan SehatQ, Anda justru bisa membentuk diri menjadi pribadi yang anti hoaks dan mendapat saran terbaik dari tim dokter yang terpecaya.

Sangat menarik, bukan?

Rekomendasi