Daftar Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia, Inggris Nomor Berapa?

| 19 Sep 2022 21:25
Makkah, kota di Kerajaan Arab Saudi (unsplash)

ERA.id - Hari ini, 19 September, Inggris menggelar pemakaman kenegaraan bagi Ratu Elizabeth II dengan serangkaian prosesi. Berbagai hal terkait Kerajaan Inggris menjadi sorotan, salah satunya soal kekayaan. Namun, apakah Inggris adalah keluarga kerajaan terkaya di dunia?

Seperti diketahui, di era modern ini masih cukup banyak negara atau wilayah yang menganut sistem kerajaan. Tentu saja, pemimpin tertinggi di negara atau wilayah tersebut adalah raja/ratu. Kekayaan keluarga kerajaan pun menjadi sorotan karena secara turun-temurun menguasai suatu negara atau wilayah.

Masyarakat mungkin menganggap Kerajaan Inggris adalah kerajaan terkaya tahun ini karena memiliki banyak negara persemakmuran, sejarah panjang, pengaruh besar di dunia, dan cukup sering ditampilkan dalam keadaan yang tampak serbamewah. Namun, fakta berkata lain.

Ternyata Inggris bukanlah keluarga kerajaan terkaya di dunia. Kerajaan yang saat ini dipimpin oleh Charles III ini ada di 8 besar kerajaan terkaya, tetapi bukan pemuncaknya. Dikutip Era dari The Richest, berikut ini 8 keluarga kerajaan terkaya di muka bumi tahun ini.

Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia 

Di urutan kedelapan ada keluarga Kerajaan Dubai. Tak sedikit orang orang menilai kalau kerajaan ini memang termasuk salah satu kerajaan terkaya, terlebih lagi dengan beberapa megaproyek yang ada di Dubai, misalnya Palm Jumeirah.

Grand Palace Bangkok, Thailand (unsplash)

Namun, nilai kekayaan yang dimiliki menempatkan keluarga kerajaan ini di urutan kedelapan. Keluarga kerajaan Dubai memiliki harta yang ditaksir mencapai US$18 miliar atau Rp267,21 triliun.

Dua keluarga kerajaan yang lebih kaya dari Dubai ada di Asia Tenggara, yaitu Kerajaan Brunei (urutan ketujuh) dan Kerajaan Thailand (keenam). Keluarga kerajaan Brunei memiliki kekayaan mencapai US$28 miliar atau Rp415,66 triliun. Sementara, kekayaan keluarga Kerajaan Thailand mencapai harta US$60 miliar atau Rp890,7 triliun.

Kerajaan Inggris

Inggris ada di urutan kelima dalam daftar keluarga kerajaan terkaya di dunia. Laporan menyebut Ratu Elizabeth II, yang belum lama ini meninggal, memiliki kekayaan bersih hingga US$480 juta. Sementara, total kekayaan keluarga kerajaan ini adalah US$88 miliar atau Rp1.306,4 triliun.

Keluarga kerajaan ini tak hanya memiliki tanah, tetapi juga mahkota dan beberapa properti keluarga. Kerajaan Inggris juga memiliki Sandringham di Norfolk dan Balmoral di Skotlandia.

Kerajaan Abu Dhabi

Satu lagi kerajaan dari Uni Emirat Arab yang jadi salah satu keluarga kerajaan terkaya di dunia. Beberapa tingkat di atas Kerajaan Dubai, Kerajaan Abu Dhabi ada di posisi keempat.

Total kekayaan keluarga kerajaan ini mencapai US$150 miliar atau Rp2.226,7 triliun. Kekayaan tersebut berasal dari penjualan minyak sejak tahun 1970-an dan membuat mendiang Syekh menjadi salah satu tuan tanah terkaya di London. 

Sebagai perbandingan dengan kerajaan Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum (pemimpin Dubai) memiliki kekayaan sekitar US$18 miliar. Sementara, almarhum Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan (mantan pemimpin Kerajaan Abu Dhabi) memiliki tanah di Inggris yang bernilai US$7,1 miliar.

Kerajaan Qatar

Urutan ketiga masih berasal dari kawasan Timur Tengah. Keluarga Thani yang saat ini berkuasa memiliki investasi properti di berbagai belahan dunia, misalnya Shard London, Olympic Village dan department store Harrods, serta Empire State Building yang berdiri di New York. 

Sementara, para bangsawan Kerajaan Qatar yang dipimpin oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memiliki investasi di Barclays Bank, British Airways, dan Volkswagen. Hal tersebut membuat keluarga kerajaan ini memiliki kekayaan kolektif mencapai US$335 miliar atau Rp4.973 triliun.

Kerajaan Kuwait

Urutan kedua masih dipegang oleh kerajaan di kawasan Timur Tengah. Keluarga Sabah memerintah Kuwait sejak 1752. Keluarga ini memiliki investasi yang besar di berbagai perusahaan besar terkemuka di Amerika Serikat. 

Keluarga kerajaan terdiri atas sekitar 1.000 anggota, saat ini dipimpin oleh Sheikh Nawaf Al-Ahmad Al-Sabah. Pada 1991, keluarga kerajaan Kuwait diperkirakan memiliki kekayaan US$90 miliar.

Angka tersebut telah berlipat ganda saat ini karena nilai saham dan saham yang mereka miliki melambung. Saat ini, keluarga Kerajaan Kuwait memiliki kekayaan mencapai US$360 miliar atau Rp5.344,2 triliun.

Kerajaan Arab Saudi

Tampaknya ada satu keluarga kerajaan yang belum disebutkan, padahal sering jadi sorotan. Ya, keluarga Kerajaan Arab Saudi menjadi kerajaan terkaya di planet ini sekarang.

Raja Salman, Raja Arab Saudi (antaranews)

Beberapa waktu lalu Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Salman menandatangani saham Saudi Investment Fund yang memiliki nilai US$2 miliar di perusahaan Jared Kushner. Namun, hal tersebut ternyata bukanlah sesuatu yang “wah” bagi keluarga Kerajaan Arab Saudi.

House of Saud memerintah negara Arab Saudi sejak 1744, nama negaranya pun berasal dari nama keluarga kerajaan tersebut. Raja Salman bin Abdulaziz, Raja Arab Saudi, memerintah sejak 2015.

Kekayaannya diyakini mencapai US$18 miliar. Hal tersebut membuatnya menjadi individu kerajaan terkaya di Bumi. Pangeran Alwaleed bin Talal disebut menjadi keluarga kerajaan terkaya kedua karena memiliki kekayaan bersih sekitar US$16 miliar. Kekayaan total dari keluarga kerajaan terkaya di dunia ini mencapai US$1,4 triliun atau Rp20.783 triliun.

Rekomendasi