Blok Dagang RCEP Ikutkan China, Sisihkan AS

| 15 Nov 2020 18:30
Blok Dagang RCEP Ikutkan China, Sisihkan AS
Dokumentasi--Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam acara Dialog Perjanjian RCEP di Jakarta, Senin (16/12/2019) (Humas Kemenko Perekonomian)

ERA.id - Lima belas negara Asia-Pasifik membentuk blok perdagangan bebas terbesar di dunia bernama Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), Minggu (15/11/2020). Didukung oleh China, perjanjian ini mengecualikan Amerika Serikat.

Perjanjian kemitraan ekonomi regional yang ditandatangani dalam KTT ASEAN di Hanoi, Vietnam, ini menjadi pukulan lebih lanjut bagi blok Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) yang didorong oleh mantan presiden AS Barack Obama.

Amerika Serikat, di bawah Presiden Donald Trump pada 2017, telah meninggalkan TPP yang merupakan blok saingan RCEP di kawasan Asia-Pasifik.

Di tengah pertanyaan tentang keterlibatan Washington di Asia, RCEP dapat memperkuat posisi China sebagai mitra ekonomi dengan Asia Tenggara, Jepang dan Korea Selatan.

Hal itu menempatkan China dalam posisi yang lebih baik untuk membentuk aturan perdagangan kawasan.

Amerika Serikat absen dari RCEP dan Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) yang dipimpin Obama. Hal itu membuat AS tidak ikut serta dalam dua kelompok perdagangan yang menjangkau wilayah dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Sebaliknya, RCEP dapat membantu Beijing mengurangi ketergantungannya pada pasar dan teknologi luar negeri, pergeseran yang dipercepat oleh keretakan yang semakin dalam dengan Washington, kata Iris Pang, kepala ekonom ING untuk China dan wilayahnya.

Negara anggota RCEP terdiri dari 10 anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), China, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru. Pada tahun-tahun mendatang. RCEP bertujuan untuk menurunkan tarif secara progresif di banyak area.

Kesepakatan itu ditandatangani di sela-sela KTT ASEAN yang diadakan secara daring ketika para pemimpin Asia mengatasi ketegangan di Laut China Selatan dan menangani rencana pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 di kawasan di mana persaingan AS-China telah meningkat.

RCEP akan menyumbang 30 persen dari ekonomi global, 30 persen dari populasi global dan mencapai 2,2 miliar konsumen, kata tuan rumah KTT ASEAN 2020, Vietnam, pada Minggu.

Meskipun berada di luar RCEP dan sebelumnya berada dalam pemerintahan (Obama) yang mendorong TPP, Presiden terpilih AS Joe Biden - yang adalah wakil presiden Obama - kemungkinan tidak akan bergabung kembali dengan TPP dalam waktu dekat, kata Charles Freeman, wakil presiden senior untuk urusan Asia di Kamar Dagang AS.

Hal itu, menurut Freeman, karena pemerintahan Biden harus memprioritaskan penanganan wabah COVID-19 di dalam negeri.

"Saya tidak yakin akan ada banyak fokus pada perdagangan secara umum, termasuk upaya untuk bergabung kembali dengan TPP untuk tahun pertama, atau lebih karena (pemerintahan Biden) akan berfokus pada penanganan wabah COVID-19," ujar dia, seperti dilansir ANTARA.

RCEP "akan membantu mengurangi atau menghapus tarif pada produk industri dan pertanian serta menetapkan aturan untuk transmisi data," kata Luong Hoang Thai, kepala Departemen Kebijakan Perdagangan Multilateral di Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam.

Pakta tersebut akan berlaku setelah cukup banyak negara peserta meratifikasi perjanjian dagang itu di dalam negeri dalam dua tahun ke depan, kata menteri perdagangan Indonesia pekan lalu.

Bagi China, RCEP -- yang juga diikuti oleh banyak sekutu AS -- adalah rezeki nomplok yang sebagian besar dihasilkan dari mundurnya Trump dari TPP, kata Pang dari ING.

India menarik diri dari pembicaraan RCEP pada November tahun lalu, tetapi para pemimpin ASEAN mengatakan pintu tetap terbuka untuk India bergabung.

Rekomendasi