Fakta 5 'Raja Poligami' Dunia, Ada yang Rebut Istri Orang hingga Menikahi 158 Wanita

| 05 Jan 2021 15:03
Fakta 5 'Raja Poligami' Dunia, Ada yang Rebut Istri Orang hingga Menikahi 158 Wanita
Ziona Chana memiliki 39 istri. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Praktik poligami atau perkawinan yang membolehkan seseorang mempunyai istri lebih dari satu terjadi hampir di seluruh negara di dunia. Salah satunya adalah Warren Steed Jeffs, poligamist yang terkenal di tahun 80-an. Warren dikabarkan memiliki lebih dari 80 istri dan 250 anak.

Tak hanya Warren, berberapa pria ini juga melakukan praktik poligami. Bahkan ada yang sampai menikah dengan 158 wanita. Penasaran? Berikut daftar 'raja poligami' di dunia, yang berhasil dirangkum ERA.id.

1. Joseph Smith

Joseph Smith adalah pendiri dari ajaran Mormonism dan gerakan Latter Day Saint (LDS), Amerika Serikat. Pada masa jayanya, Ia merupakan pria sukses.

Di usia 24 tahun, Joseph menerbitkan buku Book of Mormon. Ia kemudian didaulat menjadi salah satu penulis buku termuda dan terkaya di dunia.

Semasa hidupnya, Joseph menikahi lebih dari 30 wanita dengan 8 istri yang ia ceraikan. Semua wanita-wanita yang dinikahi Joseph berumur jauh lebih muda, sebagiannya bahkan malah masih berstatus istri orang.

Istri pertama Joseph, Emma Smith, pada awalnya merasa tidak keberatan. Namun setelah istri ke-4, Emma merasa muak dan mengusir semua istri muda Joseph dari rumah mereka.

Tidak lama dari masa jayanya, Joseph masuk penjara karena kasus pengkhianatan presiden. Ia menghembuskan napas terakhirnya di usia 38 tahun, meninggalkan 6 istri dan 10 anak.

2. Ziona Chana

Ziona Chana punya 39 istri. Semua istrinya diajak tinggal bersama di rumah besarnya di India. Sewaktu diwawancara oleh majalah lokal, Ziona mengaku tidak merasa takut atau lelah mengurus istri-istrinya karena dibantu oleh 94 anaknya.

Ziona Chana juga memiliki 14 menantu dan 33 cucu. Semuanya sering membantu mengurus Ziona. Intinya, mereka saling bantu satu sama lain, mulai dari diri masing-masing sampai urusan kebersihan rumah.

Mereka semua tinggal di dalam bangunan besar yang terlihat seperti sebuah rusun. Dalam bangunan yang terletak di Mizoram tersebut, terdapat 100 kamar, 37 kamar mandi, dan 10 ruang berkumpul bersama.

Ajaibnya, tidak ada satu pun istri Ziona yang pernah mempermasalahkan niat Ziona untuk terus menikah. Semua istri Ziona merasa beruntung karena Ziona dianggap masih bisa memberikan kasih sayang pada semua istrinya secara adil, tanpa pilih kasih.

3. Fath Ali Shah Qajar

Raja kedua Iran, Fath Ali Shah Qajar, berkuasa dari tahun 1797 sampai 1834. Selama hidupnya, ia pernah menikahi 158 wanita bahkan dirumorkan pernah juga menjalin hubungan dengan lebih dari 1.000 wanita tanpa ikatan tali pernikahan.

Begitulah rumor, kepastian benar atau tidaknya, masih bisa dipertanyakan. Di samping itu, sebuah buku terbitan 1874 membeberkan bahwa Fath Ali Shah Qajar hanya memiliki 4 istri, dan ribuan wanita lainnya hanyalah selir yang sering mampir ke istana sebagai hiburan belaka.

Sampai sekarang, para sejarawan tidak mengetahui berapa anak Fath Ali Shah Qajar secara jelas. Alasannya, soal rumah tanggan dan istri Fath disembunyikan secara baik oleh pemerintah Iran, demi menjaga nama baik sang shah.

4. Mohammed Bello Abubakar

Kabar Mohammed Bello Abubakar yang menikahi lebih dari 100 wanita bukanlah fakta baru. Mohammed merupakan sosok kontroversial yang menikahi lebih dari 100 wanita dengan alasan ‘panggilan Tuhan’.

Saat pertama kali dunia mendengar nama Mohammed, ia hanya baru memiliki 86 istri. Yang menghebohkan selanjutnya adalah, Mohammed mengaku tidak berencana untuk berhenti menikah karena Tuhan tidak memperbolehkannya.

Selain dorongan Tuhan, ia juga mengaku ajakan menikah sering ia dengar dari para malaikat. Selama 92 tahun, Mohammed hanya menceraikan 10 wanita dan menyimpan sisa istrinya di berbagai rumah bersama anak dan cucu mereka.

5. Warren Jeffs

Warren Steed Jeffs ialah poligamist yang terkenal di tahun 80-an. Warren dikabarkan memiliki lebih dari 80 istri dan 250 anak. Fakta ini terungkap ketika Warren ditangkap polisi Arizona karena kasus pemerkosaan.

Warren, yang pada saat itu merupakan pemimpin dari sebuah gerakan religius di Colorado City dituduh memperkosa dua muridnya.

Tak cuma itu, Warren juga terbukti bersalah atas tuduhan penculikan, kekerasan seksual, dan kasus penghindaran pajak. Karena ulahnya, Ia dijatuhi hukuman seumur hidup di balik bui Colorado City, Arizona.

Rekomendasi