Booming Operasi Plastik 'Telinga Elf' di China, Apa Kata Dokter Bedah Plastik?

| 18 Jun 2021 11:22
Booming Operasi Plastik 'Telinga Elf' di China, Apa Kata Dokter Bedah Plastik?
Ilustrasi: Model perempuan bergaya Elf. (Foto: Gioele Fazzeri/Unsplash)

ERA.id - Warga China berbondong-bondong datang ke klinik operasi plastik untuk memiliki bentuk telinga Elf - panjang dan lancip ke atas - yang saat ini sedang ngetren di negara tersebut.

Berdasarkan laporan media South China Morning Post, tren operasi plastik ini populer di kalangan wanita dan laki-laki China dan bisa dilakukan dengan dua cara: mengambil kartilago (tulang lunak) dari bagian tubuh lain dan memasangnya di belakang telinga - sehingga membuat telinga tampak lancip - atau menyuntikkan larutan asam hyaluronic ke telinga.

Keperceyaan setempat, bentuk telinga yang panjang ini bisa membuat wajah tampak lebih tirus dan lebih muda, seperti diberitakan SCMP.

Pasar operasi plastik memang sedang booming di China, seperti ditunjukkan laporan firma riset Daxue Consulting. Pada 2017 saja China telah menjadi pasar operasi plastik terbesar di dunia, hanya diungguli oleh pasar Amerika Serikat. Di tahun tersebut, China mencatat ada 15 juta proses operasi plastik yang dilakukan; di tahun 2018, angka itu meningkat jadi 20 juta prosedur. Itu pun hanya menghitung prosedur yang dilakukan secara resmi.

Tampilan budaya 'kebarat-baratan' juga mengemuka di China, dan juga kawasan Asia Tenggara, di mana prosedur bernama 'double-eyelid surgery' menjadi operasi plastik yang paling populer. Berdasar laporan Daxue Consulting, operasi plastik ini menciptakan lipatan di kelopak mata atas sehingga mata makin mirip bentuk mata Kaukasian yang banyak ditemukan di Eropa atau Amerika Utara.

Tak ketinggalan juga jejak budaya KPop yang membuat sejumlah model operasi plastik lebih populer dari yang lain.

Dua dokter bedah operasi plastik yang ditemui SCMP sendiri mewanti-wanti bahwa tren 'telinga Elf' ini hanya tren sekejap.

"Saya berani mengatakan bahwa setelah demam 'telinga Elf', nanti akan ada banyak orang yang meminta agar bentuk telinga mereka dikembalikan seperti aslinya. Tren ini akan berubah seperti tren 'hidung selebritas' atau 'kelopak mata dobel gaya Eropa' yang dulunya pernah sangat populer," sebut Yu Wenlin, dokter di Gaoshang Medical Cosmetic Center, di kota Guangzhou, China.

Rekomendasi