Apakah Biji Pepaya Bisa Langsung Dimakan dan Apa Saja Manfaatnya?

| 19 Jul 2024 22:05
Apakah Biji Pepaya Bisa Langsung Dimakan dan Apa Saja Manfaatnya?
Apakah biji pepaya bisa langsung dimakan (freepik)

ERA.id - Pepaya merupakan buah tropis yang digemari banyak orang, namun bagi Anda yang malas mengupas, apakah biji pepaya bisa langsung dimakan?

Menariknya, biji pepaya yang biasanya dibuang ternyata juga memiliki segudang manfaat. Biji kecil berwarna hitam ini ternyata menyimpan potensi luar biasa bagi kesehatan. Apa saja?

Manfaat buah pepaya

Pepaya penuh dengan vitamin dan terutama tinggi vitamin C. Sebanyak 100 g pepaya dapat memenuhi 76% kebutuhan harian vitamin C Anda. Beberapa orang yang sedang diet bahkan suka makan pepaya mentah sebagai salad untuk tetap langsing. Hal tersebut lantaran buah pepaya hanya karena kandungan lemak dan kalori yang rendah.

Perlu diketahui, buah pepaya (terutama kulit hijau dan bijinya) mengandung papain, enzim yang membantu memecah molekul protein dan kadang-kadang digunakan untuk melunakkan daging yang keras.

Selain itu, papain juga dikatakan membantu membakar lemak, itulah sebabnya pepaya yang belum matang sering dimakan oleh orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Baja juga artikel yang membahas Manfaat Biji Pepaya

Apakah Biji Pepaya Bisa Langsung Dimakan?

Dilansir dari laman Plantura Garden, selain kulitnya seluruh buah pepaya dapat dimakan, termasuk bijinya karena mengandung tinggi serat. Jadi, bagaimana cara makan biji pepaya?

Jika dimakan langsung dari buahnya, biji pepaya akan terasa sedikit pedas dengan rasa yang mirip selada air. Untuk itu, Anda bisa menambahkan biji pepaya langsung ke dalam salad atau mengeringkannya terlebih dahulu.

Selain itu, biji pepaya bisa digiling seperti biji lada setelah dikeringkan. Untuk mengeringkan biji pepaya, pertama-tama hilangkan sisa daging buah dan keringkan dalam oven dengan suhu rendah selama sekitar tiga jam. 

Setelah itu, Anda bisa memasukkan biji ke dalam penggiling rempah atau lada dan menggunakannya untuk memberi rasa pada hidangan manis atau gurih. Rasa dari biji pepaya ini mirip dengan lada.

Berapa banyak makan biji pepaya dalam sehari (Freepik)

Berapa banyak makan biji pepaya dalam sehari?

Untuk benar-benar menikmati manfaat kesehatan dari biji pepaya, Anda perlu menjadikannya bagian dari diet Anda. Dilansir dari Pharmeasy, berikut beberapa ide resep sederhana yang dapat Anda coba:

  • Ambil biji pepaya mentah dan makan langsung (1 sendok teh) atau simpan di lemari es untuk nanti.
  • Tambahkan ke dalam vinaigrette, dressing salad, atau smoothie. Ini mungkin menambah rasa pahit, jadi tambahkan rasa lain untuk mengurangi kepahitannya.
  • Buat marinade dengan biji pepaya, parutan kulit lemon, krim, jus lemon, bawang putih cincang, dan ketumbar.
  • Bersihkan, keringkan, dan panggang biji pepaya, lalu hancurkan menjadi bubuk dan tambahkan ke campuran rempah favorit Anda.

Namun jika dikonsumsi berlebihan, biji pepaya bisa menyebabkan efek samping seperti diare. Untuk itu, dalam sehari batasi konsumsi tidak lebih dari total 1 – 2 sendok makan biji pepaya dalam bentuk apa pun.

Sebaiknya, mulailah dengan jumlah kecil terlebih dahulu dan secara bertahap tingkatkan hingga maksimal 2 sendok makan per hari.

Anda juga bisa konsumsi setengah gelas biji pepaya sekali sebelum tidur karena hal tersebut terbukti dapat meredakan wasir. Biji pepaya juga bisa ditelan tanpa dikunyah untuk menghindari rasa pahitnya.

Selain Apakah Biji Pepaya Bisa Langsung Dimakan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi