Kenapa Kucing Suka Menutup Muka saat Tidur?

| 04 Mar 2024 06:17
Kenapa Kucing Suka Menutup Muka saat Tidur?
Kenapa kucing menutup muka saat tidur (unsplash)

ERA.id - Pernahkah Anda melihat kucing Anda tidur dengan menutupi wajahnya dengan kaki? Pose tidur yang menggemaskan ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya apa alasan di baliknya. Kenapa kucing menutup muka saat tidur?

Artikel ini akan mengulas berbagai kemungkinan alasan mengapa kucing menutupi wajah mereka saat tidur. Simak penjelasannya untuk mengetahui lebih dalam tentang kebiasaan tidur kucing Anda yang unik ini!

Alasan kucing menutup muka saat tidur

Rata-rata, kucing menghabiskan sebagian hari-hari mereka dengan tidur. Umumnya, kucing tidur selama 15 jam sehari, dan bahkan bisa mencapai 20 jam dalam beberapa kasus.

Namun, sama seperti manusia, kucing juga mengalami REM dan memasuki tidur yang lebih nyenyak. Dalam keadaan inilah mereka bahkan mungkin bermimpi, dan sering ditemukan meringkuk sambil menutupi mata mereka dengan cakarnya.

Ada beberapa alasan mengapa kucing peliharaan Anda terbiasa tidur dengan cara unik ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa alasannya:

1. Rasa aman

Kucing adalah predator sekaligus mangsa, dan mereka secara naluriah mencari tempat tidur yang membuat mereka merasa aman.

Maka tidak heran jika sebelum tidur siang, kucing mungkin mencari titik pandang yang tinggi, atau bahkan mungkin menyembunyikan kepala mereka di keranjang cucian untuk mendapatkan rasa aman.

Bagaimanapun, kucing tahu bahwa wajah mereka yang menggemaskan juga merupakan titik terlemah mereka, jadi menutupinya wajar membantu mereka merasa lebih aman.

2. Menghalangi cahaya

Meskipun kucing menyukai kehangatan, masalah yang timbul ketika tidur siang di bawah sinar matahari yang hangat adalah bagaimana mencegah cahaya terang masuk ke mata.

Namun, kebiasaan kucing menutup mata saat tertidur bertujuan untuk menghalangi sinar matahari dan biasanya itu terjadi saat mereka tertidur saat siang hari atau di lingkungan yang terlalu terang.

Kucing akan silau ketika tidur siang hari (unsplash)

3. Kenyamanan

Alasan ini mungkin juga dirasakan sebagian besar manusia. Kita semua tahu ada berbagai posisi tidur dan beberapa di antaranya terasa lebih nyaman. Demikian pula pada kucing, mereka akan tidur dengan meringkuk seperti croissant, atau mungkin berbaring telentang.

Bagi beberapa kucing, melingkarkan satu atau kedua kaki di sekitar wajah hanyalah cara yang nyaman untuk mengatasi posisi kaki mereka saat tidur nyenyak.

4. Menjaga hidung tetap hangat

Menjaga suhu tubuh tetap hangat sangat penting untuk semua hewan, dan meringkuk seperti bola adalah cara terbaik bagi kucing untuk melakukan ini.

Terlebih selama cuaca dingin, kucing akan lebih sering meringkuk, dan mungkin mereka juga akan mengangkat kaki. Kebiasaan ini membantu mereka menjaga hidung mereka tetap hangat.

5. Kelelahan

Terkadang, kucing suka menghabiskan waktu untuk membersihkan wajahnya sendiri. Namun, kebiasaan itu sepertinya terus berlanjut sampai mereka tertidur pulas karena kelelahan.

Seperti kita tahu, kucing termasuk hewan yang suka merawat dirinya sendiri dan ini merupakan bagian penting dari kehidupan kucing. 

Saat mereka sedang membersihkan diri, penting untuk mengawasi kucing saat mereka menyentuh wajahnya dengan kaki untuk memastikan mereka tidak menggaruknya dengan cakarnya.

Selain kenapa kucing menutup muka saat tidur, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi