Tingkatan Pramuka Sesuai Usia, Begini Pengelompokannya

| 03 Apr 2024 06:09
Tingkatan Pramuka Sesuai Usia, Begini Pengelompokannya
Gerakan Pramuka (situs resmi pramuka)

ERA.id - Pramuka adalah sebuah istilah atau sebutan yang diperuntukkan anggota Gerakan Pramuka. Tingkatan pramuka sesuai usia dibagi menjadi empat kelompok Pramuka.

Adapun dalam sejarahnya sendiri, Pramuka berawal dari kegiatan perkemahan kecil yang digagas oleh Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Seiring berjalannya masa, pramuka berkembang menjadi organisasi besar yang menyebar ke penjuru dunia.

Baden Powell adalah tokoh yang lahir pada 22 Februari 1857. Pada masa hidupnya, Baden Powell memiliki banyak pengalaman yang tidak terlupakan. Pengalaman semasa hidupnya kemudian diabadikan dalam satu buku yang diberi Scouting for Boys sebagai tulisan pertama untuk Gerakan Pramuka.

Ketika karyanya tersebut menembus pasar buku di Inggris dan Eropa, pada tahun 1908, Baden Powell menggagas organisasi Pramuka yang ia namakan Boys Scout. Semua anggota yang tergabung dalam organisasi tersebut adalah laki-laki.

Selanjutnya pada 1912, saudara perempuan Baden Powell bernama Agnes menginisiasi gerakan pramuka untuk perempuan, yaitu Girl Guides.

Pramuka Indonesia berfoto bersama pramuka negara lain (antaranews)

Tingkatan Pramuka Sesuai Usia

Dalam pasal 12 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 dijelaskan jenjang pendidikan kepramukaan yang juga dikenal sebagai tingkatan Pramuka. Dalam pasal tersebut, ada empat tingkatan pramuka sesuai usia, di antaranya Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

Kemudian pada pasal 13 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 disebutkan bahwa tingkatan tersebut berlaku bagi warga negara Indonesia yang berumur 7 hingga 25 tahun yang berhak ikut serta sebagai peserta didik dalam pendidikan kepramukaan.

Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu tingkatan pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

Tingkatan Pramuka Siaga

Pramuka Siaga adalah tingkatan dasar dalam pramuka dengan anggota yang berumur 7 hingga 10 tahun. Sedangkan tingkatan kecakapan umum Pramuka Siaga terdiri dari Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata. Untuk tingkatan kecakapan khusus Pramuka Siaga antara lain SKK purwa, SKK madya, dan SKK utama. Pendidikan kepramukaan di tingkat siaga lebih mengutamakan pada terbentuknya kepribadian, dan keterampilan di lingkungan keluarga dari kegiatan bermain sambil belajar.

Tingkatan Pramuka Penggalang

Pramuka Penggalang adalah anggota yang masih berusia 11 hingga 15 tahun. Tingkatan kecakapan umum dalam Pramuka Penggalang terdiri dari Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda. Pendidikan kepramukaan di tingkat penggalang mengutamakan pembentukan kepribadian dan keterampilan dalam rangka mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam kegiatan masyarakat melalui kegiatan belajar sambil melakukan sesuatu.

Tingkatan Pramuka Penegak

Pramuka penegak adalah kelompok anggota yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun. Tingkatan dalam pramuka Penegak terdiri dari Penegak Tamu, Penegak Bantara, dan Penegak Laksana. Pendidikan kepramukaan pada tingkat penegak lebih mengutamakan dan menekankan pembentukan kepribadian dan keterampilan agar bisa ikut serta mendidik masyarakat dari kegiatan belajar, melakukan, bekerja kelompok, dan berkompetisi.

Tingkatan Pramuka Pandega

Pramuka pandega adalah kelompok anggota dengan usia 21 hingga 25 tahun. Tingkatan pramuka Pandega ada di Gugus Depan (Rancana) Kwartir. Pendidikan kepramukaan pada tingkat pandega menekankan pada terbentuknya kepribadian dan keterampilan agar bisa ikut serta membangun masyarakat melalui kegiatan yang diselenggarakan.

Nah, demikianlah penjelasan tentang tingkatan pramuka sesuai usia. Dengan adanya lembaga pramuka, diharapkan generasi penerus bangsa ini dapat ditempa dengan sebaik-baiknya melalui pendidikan karakter.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi