Kalahkan Tanaman Hias Janda Bolong, Harga Bunga Saffron Tembus Rp148 Juta

Tim Editor

Bunga Saffron (Foto: Instagram/@safronofficial.id)

ERA.id - Selama pandemi COVID-19, menanam tanaman hias menjadi hobi baru dan banyak dilakukan orang-orang. Janda bolong kini menjadi primadona dan banyak diburu.

Tanaman hias itu dihargai hingga ratusan juta rupiah. Beberapa waktu terakhir, harga tanaman hias janda bolong mencapai Rp100 juta. Harga yang sangat fantastis hanya untuk sebuah tanaman hias saja.

Tapi, saat ini rekor janda bolong sebagai tanaman hias termahal telah tergeser. Dilansir dari Business Insider pada Rabu (9/9/2020), harga bunga saffron tembus seharga 10 ribu Dolar AS atau Rp148 juta. 

Harga bunga saffron sangat mahal karena memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. 

Saffron adalah putik merah dari bunga saffron crocus sativus. Satu bunga saffron crocus sativus memiliki tiga tangkai putik kecil saja. Saffron diburu selama ribuan tahun untuk dijadikan sebagai bumbu, pewarna, dan obat. 

Namun, untuk mendapatkan 1 gram saffron, kita harus mencari 150 tangkai putik bunga saffron crocus sativus. Memetik tangkai Saffron dengan tangan harus dilakukan hati-hati. Jumlah saffron yang didapatkan dari setiap bunga kira-kira hanya 0,006 gram.

Memanen saffron dari bunga saffron crocus memakan waktu sebanyak 40 jam. Pekerjaan ini dilakukan manual supaya hasil saffron bagus dan berkualitas tinggi. Untuk menumbuhkan dan membudidayakan tanaman hias satu ini sangat rumit dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Didalam saffron ada kandungan bahan kimia yang sangat mahal seperti picrocrocin, safranal, dan crocin. Disisi lain, saffron sudah ada sejak 3000 tahun silam.

Tanaman hias termahal ini pertama kali ditemukan di Iran. Saat ini, 90 persen saffron dibudidayakan di Iran. Sisanya dibudidayakan di beberapa negara seperti Amerika, Spanyol, dan India.

Tag: Janda Bolong Tanaman Hias

Bagikan: