Jadi Incaran Pencuri, Berikut 4 Macam Tanaman Hias Aglaonema Bernilai Jual Tinggi

| 11 Sep 2020 08:05
Jadi Incaran Pencuri, Berikut 4 Macam Tanaman Hias Aglaonema Bernilai Jual Tinggi
Macam Tanaman Hias Aglaonema Termahal (Foto: Instagram/@hobytanaman)

ERA.id - Aglaonema atau tanaman hias yang dijuluki sebagai "Sri Rejeki" menjadi tanamanyang sedang ramai dicari. Tanaman hias satu ini memiliki warna yang menarik dan menjadi daya tarik bagi pencinta tanaman. Karena tingginya minat masyarakat, kini harga aglaonema terbilang cukup mahal.

aking mahalnya, memicu niat jahat yang berujung tindakan kriminal. Baru-baru ini kejadian di Bandar Lampung, tanaman Aglaonema berhasil dicuri maling.

Tanaman hias ini sangat populer di masa pandemi COVID-19, dan dijuluki sebagai ratu tanaman hias daun. Dilansir dari berbagai sumber, ada 4 jenis aglaonema yang harganya paling mahal saat ini. Berikut daftarnya.

1. Aglaonema Anyamanee

Aglaonema Anyamanee (Foto: Instagram/@tils_plant_therapy)

Letak keindahan pada tanaman hias aglonema anyamanee adalah daunnya yang lebar terdiri dari tiga warna, yakni merah, hijau, dan putih. Tanaman hias ini masih sangat sedikit dan terbilang langka. Hal ini dikarenakan indukan aglonema anyamanee dari Thailand. Jenis aglaonema ini adalah varietas baru yang muncul pada tahun 2019. Aglaonema anyamanee jumlahnya sangat terbatas. Aglaonema anyamanee harganya bisa mencapai puluhan juta dan harga bibit sekitar Rp300 ribu. Wajar saja jika jenis aglaonema termahal di tahun 2020 dipegang oleh aglaonema anyamanee.

2. Aglaonema Khanza

Aglaonema Khanza (Foto: Instagram/@gandhideio)

Aglaonema khanza terbilang unik karena tulang daun dan tepi daun warna pink. Pada daun muda warnanya hijau tua yang kemudian berubah jadi hijau kekuningan seiring berjalannya usia daun.

Aglaonema khanza terbilang masih baru karena baru muncul ditahun 2018. Pada awal rilisnya harga tanaman agalaonema khanza yang dewasa dibanderol seharga Rp5-7 juta. Namun ditahun ini adanya COVID-19, harga aglaonema khanza mengalami penurunan. Kini, aglaonema khanza berukuran dewasa seharga Rp1-2 juta.

3. Aglaonema Kochin

Aglaonema Kochin (Foto: Instagram/@dies_saptaria1212)

Aglaonema Kochin memiliki keindahan pada daunnya warna pink dan tepi daun hijau tua. Untuk ukuran dewasa, tanaman aglaonema dewasa dijual seharga Rp1 jutaan. 

4. Aglaonema Red Sumatera

Aglaonema red sumatera (Foto: Instagram/@growleaf_)

Aglaonema red sumatera ditemukan pada tahun 1993. Tanaman hias satu ini memiliki ciri khas pada bentuk sangat kokoh dan daun dengan paduan warna merah dan hijau serta bercak dibagian daun. Aglaonema red sumatera pernah memenangi kontes tanaman hias internasional di Belanda pada tahun 2002. 

Tanaman hias ini juga mendapatkan julukan sebagai pride of Sumatera, yang berarti kebanggan Sumatera. Meski tanaman ini sudah ada sejak lama, namun masih banyak orang berminat untuk memelihara aglaonema red sumatera. Untuk ukuran dewasanya, tanaman hias ini dijual sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 jutaan.

Rekomendasi