Reaksi para Selebriti Hollywood Saksikan Debat Capres AS 2020 Donald Trump dan Joe Biden

Tim Editor

Capres Perdana Donald Trump dan Joe Biden (Kolase foto)

ERA.id - Debat dua calon presiden (capres) Amerika Serikat 2020, Donald Trump dan Joe Biden berlangsung Senin (29/9/2020). Hal ini menjadi momen yang tak boleh dilewatkan oleh warga Amerika, termasuk para selebriti Hollywood. 

Beragam respon muncul saat debat pilpres Amerika Serikat perdana dari dua kandidat terkuat, Donald Trump dan Joe Biden dari Partai Demokrat.

Selama debat, kedua calon presiden ini membahas banyak persoalan mulai dari isu kekerasan dan senjata, penanganan COVID-19, hingga masalah kesehatan dan kebiasaan buruk Trump yang suka memotong pembicaraan. 

“Will you shut up, man! Saat itu Joe Biden berbicara mewakili kita semua,” sindir aktris Debra Messing di Twitter. 

Sindiran ini mengacu pada perkataan Biden, yang selama debat selalu potong ucapannya oleh Trump. Bukan itu saja, Amy Schumer juga turun tangan mengungkap kekesalannya menonton debat yang berlangsung. 

Amy berkata, “Anak-anak Trump tampak seperti menghadiri makan malam misteri pembunuhan.” 

Selama debat Trump menyinggung soal pengangkatan hakim agung Amerika Serikat, Amy Coney Barrett. Dia menganggap Amy sebagai hakim agung yang punya reputasi baik yang bertugas di pengadilan. 

Namun penunjukan ini menuai kritik, terlebih di masa dekat pemilihan presiden. Begitu juga dengan Biden yang mengomentari hal itu dan menganggap momennya kurang tepat. 

Debat pun berlanjut dengan pembahasan pelayanan kesehatan dan penanganan COVID-19 di Amerika Serikat. Biden pun menyinggung Trump tak punya solusi dan rencana jangka panjang untuk menekan angka kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat. 

“Sementara Trump menyeret kakinya untuk melegakan orang-orang dan dia mencoba untuk menghentikan pemilihan mahkamah agung ini. Risiko nominasi ini: perawatan kesehatan kita, hak untuk memilih, udara bersih dan hak perempuan atas perawatan kesehatan reproduksi,” tulis Alyssa Milano. 

Menanggapi pernyataan Biden, Trump justru mengklaim ada ‘media palsu’ dan menyebut vaksin COVID-19 akan segera tiba. 

“Ini sangat menyedihkan. Kita berada di tengah pandemi global, hidup kita dalam risiko, dan kita tidak bisa mendapatkan tanggapan yang serius tentang cara penanganannya,” sindir peraih Emmy Awards, Jackée Harry. 

Bahkan sindirian dari pernyataan Trump itu juga turun dari pemeran Hulk, Mark Ruffalo. Menurut Mark, Trump mengorbankan kehidupan 10 dari ribuan orang yang datang ke rapat umum dan meninggal karena korona. 

Mark juga menyebut Trump sebagai orang yang hanya mementingkan egonya sendiri, bukan kesejahteraan pendukungnya atau orang Amerika lainnya. 

Selain itu Mark juga menyindir masalah pajak yang kabarnya belum pernah dibayar selama bertahun-tahun oleh Trump. Tetapi Trump menepis tuduhan itu. Dia mengaku sudah membayar pajak jutaan dolar. 

“Dimana Anda mengembalikan (membayar) Pajak?? Satu cara untuk membuktikan apa yang Anda katakan tentang pajak adalah dengan menghasilkan pengembalian pajak Anda. Tunjukkan kami pengembaliannya,” sindir Mark Ruffalo. 

Dari debat ini Biden bahkan menganggap Trump sebagai ‘presiden terburuk yang pernah dimiliki Amerika Serikat’. 

 

Tag: donald trump amerika serikat pilpres AS

Bagikan: