Berikut Jenis-Jenis Tanaman Hias Begonia yang Hits dan Warnanya Berseri-Seri

Tim Editor

Begonia (Foto: Pinterest/flickr.com)

ERA.id - Tanaman hias sangat digandrungi masyarakat selama pandemi COVID-19. Demam tanaman hias saat ini membuat banyak orang berburu tanaman hias mulai dari harganya yang murah sampai mahal. Salah satu tanaman hias yang saat ini diburu adalah begonia.

Tanaman asal Brasil terdiri dari beragam jenis. Begonia dikenal sebagai tanaman hias yang memiliki penampilan cantik dengan daun halusnya yang warna hijau kehitaman, sampai bunganya warna pink merona. Selain itu, Begonia sangat cocok untuk mempercantik rumah. Berikut jenis tanaman hias Begonia yang hits dan warnanya cantik berseri-seri:

1. Solenia Dusty Rose Begonia (Begonia × tuberhybrida)

Solenia Dusty Rose Begonia (Foto: Pinterest/norseco.com)

Solenia Dusty Rose Begonia seperti mawar yang mekar di ujung batang dari pertengahan musim semi hingga pertengahan musim gugur. Daunnya segar dan berbentuk hati dan tetap hijau sepanjang tahun. Tanaman jenis ini membutuhkan lebih banyak sinar matahari daripada varietas lainnya.

2. Richmond Begonia (Begonia semperflorens)

Richmond Begonia (Foto: Pinterest/growsonyou.com)

Daun Richmond Begonia berwarna hijau bronzy yang bisa berubah warna dalam kondisi cahaya yang berbeda. Bagian bawah daun memiliki warna kemerahan yang membuatnya memberikan daya tarik tersendiri. Begonia jenis ini membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dengan baik. 

3. Cocktail Series Begonia (Begonia semperflorens)

Cocktail Series Begonia (Pinterest/Chris Romaine)

Cocktail Series Begonia memiliki daun warna gelap yang dapat menahan panas matahari lebih baik ketimbang jenis Begonia yang berdaun hijau. Mereka dapat ditanam di lokasi dengan sinar matahari penuh. Cocktail Series Begonia memiliki bunga berwarna putih, merah muda, dan merah.

4. Rex Begonias (Begonia rex var)

Rex Begonias (Foto: Instagram/@novenymami)

The rex Begonia adalah subkategori besar dari rhizomatous begonia. Daya tarik utama Begonia jenis ini warna daunnya yang luar biasa indahnya dengan warna seperti daun metalik sport 'Tornado' dan 'Silver Queen' yang beraksen hijau, ungu, atau bintik-bintik merah. Perawakan kecil Rex Begonia membuatnya menjadi indah sebagai tanaman terarium.

5. Ambassador Series Begonia (Begonia semperflorens)

Ambassador Series Begonia (Foto: Pinterest/zelen.cz)

Begonia jenis ini memiliki daun tebal. Akarnya yang berjenis serabut semakin menambah keuntungan memiliki tanaman hias Begonia jenis ini. Ambassador Series Begonia memiliki ketahanan yang baik terhadap kekeringan dan hama. Begonia jenis ini memiliki bunga yang tumbuh besar dalam nuansa merah, putih, dan merah muda.

Tag: Tanaman Hias tanaman Begonia

Bagikan: