Live IG Bareng, Maudy Ayunda Sempat Bikin Nadiem Makarim Menghela Napas

| 27 Nov 2020 21:20
Live IG Bareng, Maudy Ayunda Sempat Bikin Nadiem Makarim Menghela Napas
Maudy Ayunda (Instagram)

ERA.id - Maudy Ayunda berkesempatan mengobrol via daring dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memalui siaran live Instagram, Jumat (27/11/2020). Artis yang tengah menempuh pendidikan S2 di Stanford University itu bertanya seputar keseharian.

Selanjutnya Maudy Ayunda pun menanyakan hal-hal yang lebih jauh. Maudy menanyakan perubahan yang sangat dirasakan setelah menjabat menjadi menteri sejak 2019. Tak disangka pertanyaan penyanyi yang satu ini membuat Nadiem Makarim tarik napas.

"Aku penasaran deh dari sebelum Mas Menteri menjabat jadi menteri, apa yang sekarang dari aktivitas keseharian yang paling surprising, dari pekerjaan ini?" kata Maudy Ayunda, Jumat (27/11/2020).

Mendapatkan pertanyaan tersebut, Nadiem Makarim pun menghela napasnya sesaat. Nadiem lantas mengucapakan kata "huh" dan memuji pertanyaan Maudy sangat bagus.

"Paling surprising itu secara personal mungkin public profile-nya ya.banyak orang mengenal saya waktu di Gojek, tapi enggak seperti ini gitu lho. Mungkin yang paling surprisingly adalah sebenarnya adaptasi yang dibutuhkan secara personal untuk menjadi pejabat publik," jawab Nadiem Makarim.

Pernah merasakan jadi masyarakat sipil atau pihak swasta biasa, Nadiem pun semakin merasakan perbedaan sebelum dan saat menjadi pejabat.

"Kadang-kadang bawaannya kan skeptis ya sama pemerintah, tapi waktu saya masuk ke Kemendikbud, saya belajar banyak banget orang-orang bagus di dalam Kemendikbud, dan bukan cuma bagus, orang-orang hebat gitu. Tapi banyak dari mereka yang mungkin belum dimerdekakan untuk mencapai hidup mereka," jelas Nadiem.

Misalnya guru-guru yang ditemuinya di daerah-daerah, yang kebetulan berbicara dengannya, menurut Nadiem, mereka punya hati luar biasa dan pemikiran kritis terhadap pembelajaran buat anak-anak.

Rekomendasi