Ramalan Mbak You Dianggap Provokasi, Deddy Corbuzier: Minta Maaf, Itu Asal Ngomong

| 19 Jan 2021 10:35
Ramalan Mbak You Dianggap Provokasi, Deddy Corbuzier: Minta Maaf, Itu Asal Ngomong
Deddy Corbuzier (Foto: Instagram/@mastercorbuzier)

ERA.id - Paranormal kejawen Mbak You saat ini menjadi sorotan. Hal ini karena dirinya yang sempat meramalkan perihal lengsernya presiden Jokowi yang terjadi 2021. Ungkapannya ini memicu konflik, hingga ada yang mengancam Mbak You untuk dilaporkan polisi.

Akhirnya, Mbak You memberikan klarifikasi terkait pemberitaan tersebut. Ia memberikan penjelasan pergantian presiden akan terjadi di tahun 2024, bukan 2021. Pernyataannya ini langsung membuat netizen geram. Tak hanya netizen, presenter Deddy Corbuzier angkat bicara terkait ramalan Mbak You.

Bapak anak satu ini mengatakan jika video ramalan Mbak You hanya memberikan dampak negatif. 

"Ada yang namanya nocebo effect, nocebo itu apa? Orang yang tadinya tidak berperilaku negatif menjadi negatif karena dia percaya sekali terhadap apa yang diramalkan oleh sang peramal," ungkapnya melalui channel YouTube Deddy Corbuzier, dikutip Selasa (19/1/2021).

Sebetulnya, Deddy Corbuzier tidak mempermasalahkan profesi seorang peramal. Namun, ia berharap agar peramal seperti Mbak You tidak menebarkan hal-hal negatif yang bisa memicu nocebo effect di masyarakat.  

"Indonesia ini lagi kacau, lagi nangis, pesawat jatuh, banjir, beberapa tokoh meninggal, polarisasi, ditambah keluar sebuah ramalan yang mengatkan akan terjadi kericuhan, penjarahan, di tahun 2021. Maksud Anda apa?" kata Deddy Corbuzier.

Presenter berusia 44 tahun itu menilai ramalan Mbak You hanya menjadi pembenaran bagi sebagian masyarakat Tanah Air. Bahkan, menurutnya ramalan Mbak You bisa jadi provokasi.

"Ini provokasi namanya. Tergantung provokasinya mau negatif atau positif. Omong kosong ramalan, ini provokasi, orang akan merasa dibenarkan ketika nanti terjadi kerusuhan," ucap Deddy Corbuzier.

Mantan suami Kalina Ocktaranny ini menyarankan Mbak You supaya meminta maaf kepada publik atas ramalannya selama ini yang dinilai membuat gaduh.

"Sudahlah mendingan minta maf, mengakui, 'itu saya asal ngomong.' Sudah, beres. Selesai di sana. Ngakuin aja saya salah ngomong," kata Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier juga meminta agar para penontonnya untuk tetap bersikap cerdas dalam menanggapi ramalan dari Mbak You. Selain itu, ia mengingatkan Mbak You untuk tidak menyampaikan pernyataan yang menjurus ke arah negatif.

"Kalau pun anda merasa benar-benar bisa meramal, ya sudah sebarkan hal-hal positif, jangan yang negatif. Walaupun saya tidak percaya dan orang-orang beriman juga tidak percaya," tutur Deddy Corbuzier.

Rekomendasi