Mengenal Sosok Richard Lee, Dokter yang Berseteru dengan Kartika Putri Gara-gara Review Skincare

Dr. Richard Lee (Instagram)

ERA.id - Nama dr. Richard Lee beberapa waktu belakangan ini memang sedang ramai diperbincangkan akbibat perseteruan dirinya dengan Kartika Putri. Perseteruan ini berawal dari Richard Lee melakukan review produk krim wajah berbahaya yang mengandung merkuri dan kandungan hidrokuinon tinggi yang tidak aman untuk kulit.

Produk tersebut ternyata dipromosikan oleh Kartika Putri dan dirinya merasa tidak terima barang endorsement-nya dikatakan berbahaya oleh Richard.

Perseteruan ini akhirnya berbuntut panjang, di mana Kartika Putri melaporkan Richard Lee ke Polda Metro Jaya. Richard tak menghindari laporan tersebut, dan memenuhi panggilan ditemani oleh kuasa hukumnya.

Richard Lee sendiri merupakan seorang dokter asal Palembang, yang telah bekerja pada bidang kecantikan sejak tujuh tahun yang lalu. Sebelum berfokus pada bidang tersebut, Richard dahulunya merupakan seorang dokter untuk perusahaan Sinar Mas Grup. Ia merupakan dokter dengan gelar Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS).

Tak hanya sebagai seorang dokter, Richard juga merupakan seorang YouTuber yang memfokuskan kontennya pada kecantikan. Ia biasa membuat review terhadap produk - produk kecantikan, dan memberikan edukasi terkait mana produk yang baik untuk digunakan dan yang tidak. 

Semua itu ia ungkap lewat acara bincang - bincang dalam YouTube Curhat Bang milik Denny Sumargo.

Richard Lee mengungkapkan bahwa dirinya mau berusaha untuk mengedukasi masyarakat akan kualitas suatu produk, dikarenakan ia banyak menjumpai pasien yang selalu mengalami masalah kulit akibat kelalaian memilih produk.

"Karena banyak korbannya. Bayangin saja dari 10 pasien gue, 8 di antaranya pasti korban pakai merkuri kalo nggak hidrokuinon," ungkap Richard.

Bagi Richard mengenai produk yang memakai merkuri harus diperbaiki dan diluruskan agar tidak menimbulkan lebih banyak korban ke depannya. Meskipun dengan banyak pasien ia mendapatkan penghasilan yang lebih banyak, Richard mengaku bahwa ia memang secara tulus ingin mengedukasi masyarakat. 

"Saya merasa materi saya cukup, oke. Saya tidak merasa kekurangan apa - apa nih, jadi saya mengedukasi masyarakat dan menginspirasi masyarakat," lanjut Richard.

Selain itu, Richard juga mengatakan alasan ia mengedukasi masyarakat melalui YouTubenya adalah ingin sebuah sistem yang lebih baik di negara Indonesia. Ia ingin agar produk kecantikan yang tidak baik dan menggunakan bahan berbahaya tidak lagi beredar di masyarakat. 

"Tapi emang butuh trigger di Indonesia ini untuk sistem yang lebih baik. Karena ini emang sudah kacau banget, di mana produk abal - abal, krim abal - abal mudah banget didapetin," tutur Richard

Berkat video unggahannya, tak sedikit masyarakat yang mengapresiasi tindakan Richard. Banyak masyarakat yang juga merasa terbantu dan teredukasi akan review produk kecantikan yang dibuat oleh Richard.

Tag: Kartika Putri richard lee Dokter Richard Lee dr. Richard Lee

Bagikan: