Bebas dari Penjara Lewat Asimilasi, Lucinta Luna Ternyata Lulusan SMK Teknik Mesin

Tim Editor

Lucinta Luna (topi warna cokelat) saat menjalani pemeriksaan terkait dugaan kepemilikan narkoba di Polres Metro Jakarta Barat. (Foto: Antara)

ERA.id - Selebritas Lucinta Luna menjalani program asimilasi di rumah setelah menyelesaikan masa hukuman di Rumah Tahanan Pondok Bambu Jakarta Timur.

Saat ini, Lucinta Luna menjalani program asimilasi di rumah melalui bimbingan dan pengawasan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Barat.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Apriyanti mengatakan, Lucinta Luna bebas setelah mendapat asimilasi karena memenuhi syarat administratif dan subtantif.

"Yang bersangkutan dinyatakan memenuhi syarat administratif dan substantif untuk menerima asimilasi di rumah dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19," ujar Rika Apriyanti dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, dikutip Antara, Senin (15/2/2021).

Rika mengatakan keputusan bebas Lucinta Luna diatur berdasarkan Permenkumham Nomor 32 tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak.

Rutan Kelas I Pondok Bambu memberikan asimilasi di rumah terhadap pemilik nama Ayluna Putri itu sejak Kamis (11/2).

Rika menjamin seluruh kegiatan asimilasi di rumah bagi Lucinta Luna dilaksanakan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan.

Selama berkarier di dunia entertainment Lucinta Luna tak lepas dari sejumlah kontroversi. Berikut rangkuman ERA.id, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Terjerat kasus narkoba

Pada bulan Februari 2020, Lucinta Luna mendekam di penjara karena kasus penyalahgunaan narkoba. Ia jadi narapidana kasus penyalahgunaan narkotika yang melanggar pasal 127(1) UU RI No 35/09.

Kasus tersebut berawal saat Lucinta Luna bersama tiga rekannya diringkus polisi di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat pada 11 November 2019 lalu.

Saat penggerebekan tersebut, polisi menemukan butir-butir pil diduga ekstasi di dalam keranjang sampah. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Lucinta akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Proses pemberkasan tahap dua kasus narkoba selebriti Lucinta Luna dilakukan dengan panggilan video di Rutan Pondok Bambu Jakarta, Kamis (30/4/2020). (Foto: Antara)

 

Lucinta Luna mulai ditahan sejak 12 Februari 2020 dan menerima putusan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan dan denda Rp10 juta subsider 1 bulan kurungan, berdasarkan berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 472/PID.SUS/2020/PT.DKI dengan tanggal ekspirasi 10 Agustus 2021.

2. Lulusan SMK Teknik Mesin

Lucinta merupakan anak ke-8 dari 9 bersaudara. Ia bersekolah di SMK Negeri 4 Jakarta, dengan mengambil bidang teknik mesin.

Sontak kabar ini pun sempat membuat heboh warganet. Alasannya karena sebelumnya Lucinta Luna mengaku seorang wanita tulen, sedangkan umumnya sekolah teknik diisi oleh anak laki-laki --meskipun ada juga anak perempuan yang mengambil jurusan teknik di SMK.

Salah seorang warganet pernah memposting buku tahunan sekolah yang diduga milik Lucinta Luna. Dalam buku kenangan tersebut tampak foto seorang siwa mengenakan jas hitam dan kemeja putih bernama Muhammad Fatah.

Dalam foto itu, wajahnya sudah sedikit lebih berisi dengan gaya rambut berbeda. Membuat warganet gatal untuk menanggapi kedua foto itu. Beberapa diantara mereka bahkan jeli melihat keterangan jurusan sekolah Teknik Mesin yang ditempuhnya.

3. Menikah cuma seminggu

Sebelum mendekam di penjara, Lucinta Luna diketahui memiliki seorang kekasih bernama Abash. Namun, sebelumnya Lucinta Luna juga diketahui telah menikah oleh seorang pria.

Pernikahan itu terjadi pada 2019. Lucinta Luna menikah dengan seorang pria bernama Bigham, yang berdarah Afghanistan-Filipina. Akan tetapi, seminggu kemudian, ia digugat cerai olehnya.

Bigham disebut-sebut sudah mengetahui dan mendengar soal kabar tersebut sebelum pernikahan mereka digelar, demikan dikutip dari tribunnews.com.

Suami Lucinta Luna, Bigham menuturkan bahwa ia sudah mengetahui soal isu transgender yang menerpa istrinya. Hal itu diungkapkan oleh teman Bigham, Clara.

Pernikahan Lucinta Luna sempat diragukan hanya lah settingan alias untuk menaikkan pamor semata. Pasalnya, Lucinta Luna tak bisa tunjukkan foto buku nikah dan keberadaan penghulu.

Namun sang sahabat, Barbie Kumalasari yang datang ke acara pernikahannya itu menyebutkan, ada prenghulu di lokasi.

4. Berganti nama

Sudah banyak diketahui bahwa nama Lucinta Luna hanyalah nama panggung. Ia memiliki nama asli Muhammad Fatah dan berganti nama menjadi Ayluna Putri.

Lucinta Luna kelahiran Jakarta, 31 tahun tahun silam. Ayahnya meninggal saat ia masih SD. 

Ia pernah ikut serta dalam acara Be A Man dengan nama Cleo Vitri dan kemudian membentuk Duo Bunga bersama dengan Ratna Pandita yang memopulerkan Goyang Mekar.

5. Operasi kelamin

Lucinta Luna merupakan seorang trangender. Ia memutuskan menjalani operasi ganti kelamin sejak April 2016. Saat itu, pemilik nama asli Muhammad Fatah tersebut menjalani operasi di Rumah Sakit Rajyindee, Thailand.

Berkas pergantian jenis kelamin Lucinta Luna yang dikeluarkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, demikian dikutip dari Warta Kota.

Dari berkas tersebut diketahui Lucinta Luna sudah sah menjadi perempuan atas penetapan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 20 Desember 2019.

Di berkas itu juga dijelaskan bahwa pergantian kelamin Lucinta Luna dikabulkan berdasarkan surat operasi kelamin yang dilakukan sejak 27 April 2016.

Surat bernomor (A81) 5904240064 itu dikeluarkan dokter salah satu rumah sakit di Thailand.

Tag: lucinta luna profil Lucinta Luna Kontroversi Lucinta Luna Lucinta Luna bebas

Bagikan: