Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Laki-Laki, Pengurus Masjid: Secara Perempuan Serahkan Allah

| 16 Feb 2022 13:44
Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Laki-Laki, Pengurus Masjid: Secara Perempuan Serahkan Allah
Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)

ERA.id - Jenazah Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Bambu, Apus, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022). Pengurus Masjid Al Hayyu, Ustaz Anan Muhajir mengatakan bahwa pemakaman di TPU Bantar Jati adalah keinginan dari keluarga Dorce Gamalama.

Jenazah Dorce Gamalama bakal dimakamkan satu liang lahat dengan sepupunya. Selain itu, jenazah disalatkan sebagai laki-laki di Masjid Al-Hayyu. Disalatkan sebagai laki-laki merupakan bentuk penghormatan untuk Dorce Gamalama.

"Nantinya pemakamannya ditumpuk di Bantar Jati. Sudah ada sepupu beliau (didalam pemakaman). Dia sama sepupunya dekat banget. Makanya nanti setelah diserahkan ke rumah sakit, kita kasih penghormatan di bawa ke masjid, kita akan salatkan di Masjid Al-Hayyu," ungkap Ustaz Anan Muhajir, dikutip dari kanal YouTube NitNot.

Disinggung keinginan Dorce meninggal sesuai keinginannya sebagai perempuan, Ustaz Anan Muhajir mengatakan hal itu diserahkan kepada sang pencipta. Pihak keluarga dan orang sekitarnya hanya ingin Dorce Gamalama dimakamkan sesuai kodratnya sebagai laki-laki.

"Dimakamkan secara perempuan itu serahkan semua kepada Allah. Itu kan cuma keinginan, yang ngurusin kita semua. Kita tahu beliau dilahirkan seperti apa, kita kembalikan ke asal, yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah saya nggak lihat yang lain-lain dulu," paparnya.

Selain itu, ia membeberkan kebaikan-kebaikan yang dilakukan Dorce Gamalama semasa hidupnya. Mendiang sangat berjasa bagi warga sekitarnya. Salah satunya adalah jalanan yang diaspal supaya mobil-mobil bisa masuk.

"Peninggalan beliau yang sangat bermanfaat buat warga sini. Dulu disini nggak ada masjid, jalan juga kecil. Pas ada beliau ke sini, diaspal, mobil bisa masuk. Alhamdulillah jasa-jasa beliau tidak akan pernah dilupakan," lanjutnya.

Diketahui, Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022). Ia tutup usia di RSPP Simprug, Jakarta pukul 7.30 WIB. Dorce Gamalama dinyatakan pengidap penyakit gula darah akut, diabetes, hingga merembet organ lainnya. Kondisi ini semakin parah setelah ia positif terpapar Covid-19 hingga akhirnya meninggal dunia.

Kami juga pernah menulis soal Dorce Gamalama Meninggal Dunia karena COVID-19, Pemakaman Sesuai Prokes Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi