Google Kembangkan Sepatu Berbasis VR

Tim Editor

Google (Pixabay)

Jakarta, era.id - Raksasa teknologi Google, tengah mengembangkan teknologi di bidang Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang selama ini terfokus pada pengalaman visual. Baru-baru ini Google telah mendaftarkan paten teknologi untuk sebuah perangkat sepatu yang mendukung aktivitas VR maupun Augmented Reality (AR) bagi para penggunanya. 

Perangkat yang diberi nama 'Augmented And/Or Virtual Reality Footwear' ini nantinya akan menyematkan teknologi VR dan AR. Sehingga penggunanya dapat merasakan pengalaman digital secara motorik.

Adapun fungsi dari teknologi sepatu VR ini adalah untuk memungkinkan para pengguna berjalan tanpa takut menabrak dinding saat menggunakan kacamata VR. Sepatu tersebut akan memiliki bentuk seperti sepatu roda, yang dipakai oleh pengguna untuk bergerak, dan berjalan ketika berada di lingkungan virtual.

Di dalam teknologi sepatunya sendiri, Google menyematkan sistem yang dapat membuat mesin dan roda pada alas kaki untuk menghindarkan pengguna dari kecelakaan. Sistem tersebut dapat mengurangi pergerakan dan menjaga pengguna agar tidak bertabrakan dengan tembok atau objek lainnya.

“Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk berjalan, yang tampaknya tanpa batas di lingkungan virtual, sambil tetap berada dalam ruang yang terbatas di lingkungan fisik,” tulis Google, dalam permohonan paten tersebut seperti dikutip dari Techcrunch, Minggu (25/11/2018).


ilustrasi paten sepatu Google VR/AR (TechCrunch)

Hingga saat ini, sepatu VR/AR tersebut masih dalam bentuk paten dan dalam proses pengembangan. Google sendiri belum menciptakannya menjadi satu produk sepatu berbasis VR/AR itu secara nyata. Sehingga belum jelas kapan Google akan memulai proyek sepatu digital tersebut.

Hanya saja, jika paten ini diwujudkan, pengalaman bermain game VR tentu lebih mulus. Pengguna bisa merasakan lanskap VR/AR yang lebih hakiki dan bergerak bebas tanpa khawatir dengan penghalang-penghalang di dunia nyata. 

Bagaimana menarik bukan, bisa jadi nanti kita bermain di dunia virtual seperti di film-film animasi atau Hollywood.

Tag: teknologi ar google

Bagikan: