Pencipta SpongeBob SquarePants Meninggal Dunia

Tim Editor

Pencipta karakter SpongeBob SquarePants (Foto: Variety)

Jakarta, era.id - Pencipta sekaligus kreator serial kartun 'SpongeBob SquarePants' di Nickelodeon, Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada Senin (26/11) malam waktu Amerika Serikat (AS). Hillenburg tutup umur dalam usia 57 tahun karena penyakit Amytrophic Lateral Sclerosis atau ALS.

Mengutip dari IGN, Rabu (28/11/2018) penyakit ALS telah diderita Hillenburg sejak Maret 2017. Kabar meninggalnya kreator animasi terkenal SpongeBob SquarePants itu disampaikan langsung oleh pihak studio Nickelodeon.

"Kami sedih untuk berbagi berita tentang meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants. Hari ini, kita memilih berkabung untuk menghormati kehidupan dan pekerjaannya," tulis Nickelodeon dari akun Twitter @Nickelodeon.
 

Hillenburg atau kerap dipanggil Steve lahir pada 21 Agustus 1961 di Fort Sill, Oklahoma, Amerika Serikat. Dia memiliki seorang istri bernama Karen Hillenburg, serta seorang anak laki-laki Clay.

Karir animasinya dimulai pada tahun 1987, di mana ia tengah mengejar pendidikannya pada bidang Experimental Animation di California Institute of Arts, Valencia, dan mendapatkan gelar Master of Fine Arts pada tahun 1992. Ia mulai bekerja sebagai sutradara dan penulis di Nickelodoeon pada tahun 1993, yang kemudian membawanya menciptakan serial animasi 'Spongebob Squarepants'.

"Dia adalah seorang teman dan mitra kreatif untuk semua orang di Nickelodeon yang sangat dicintai. Dan hati kami pergi untuk keluarganya. Steve membawa ‘SpongeBob SquarePants’ dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana pun," tulis pernyataan Nickelodeon seperti dikutip dari Variety.



"Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan lama berdiri sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas,” tulisnya lagi.

Episode perdana dari serial kartun 'SpongeBob SquarePants' tayang pertama kali pada 1 Mei 1999. Serial ini telah memiliki lebih dari 250 episode yang digemari berbagai kalangan anak-anak hingga orang tua. Dan telah memenangi sejumlah penghargaan dari British Emmy Awards, Annie Awards dan ASACP. Tayangan kartun ini juga telah disadur dalam lebih 60 bahasa Urdu, Azerbaijan dan Maori.
 

Kesuksesan serial kartun ini membawanya pada serial layar lebar, di mana Steve menulis dan menyutradarai langsung film 'SpongeBob SquarePants Movie' yang dirilis tahun 2004 dan sekuelnya 'The Spongebob Movie: Sponge Out of Water' pada tahun 2015. 
 

Supaya kalian tahu, penyakit ALS yang merenggut nyawa kreator SpongeBob SquarePants ini merupakan salah satu bentuk dari gangguan pada saraf-saraf motorik pada otak dan tulang belangan. Sehingga pengidap penyakit ini tak bisa mengendalikan gerakan atas tubuhnya sendiri, ini adalah kondisi penyakit serupa yang diderita oleh Stephen Hawking sebelum ia meninggal.

Tag: serial animasi kartun spongebob squarepants

Bagikan: