Coutinho dan Penolakan Liverpool

Tim Editor

Ilustrasi. (era.id)

Jakarta, era.id - Philippe Coutinho resmi direkrut Barcelona dari Liverpool dengan nilai transfer 160 juta euro, atau sekitar Rp2,5 triliun. Sebelum keputusan itu diresmikan, The Reds sempat tiga kali menolak tawaran klub asal Spanyol tersebut.

Bukan tanpa sebab, Liverpool memang menyukai performa Coutinho. Playmaker itu kerap ditahan meski sejumlah tawaran menggiurkan digelontorkan Barcelona. Penawaran pertama Barcelona sebesar 100 juta euro, kemudian 80 juta euro, hingga negosiasi terakhir mencapai 130 juta euro, atau sekitar Rp2,1 triliun, ditolak Liverpool.

Namun, Liverpool benar-benar tergoda ketika mengetahui jumlah dana pinangan keempat Barcelona terhadap Coutinho. Kesepakatan di antara kedua klub itu disetujui, Coutinho pun menjadi pemain termahal ketiga dunia.

Coutinho berada di belakang Neymar, yang bernilai 222 juta euro (Rp3,47 triliun) saat pindah ke Paris Saint-Germain (PSG), dan Kylian Mbappe yang ditarik PSG dengan mahar 180 juta euro (Rp2,87 triliun). 

Manajer Liverpool, Juergen Klopp mengungkapkan, sudah memalangi Coutinho tidak meninggalkan klub sejak bursa transfer musim panas 2017 lalu. Klopp mengetahui suporter kecewa. Namun, dia mengatakan klub tak bisa menahannya karena tekad Coutinho telah solid. 

"Dia benar-benar yakin 100 persen dengan keputusannya. Pindah ke Barcelona merupakan impiannya dan saya yakin tidak ada tak ada hal yang bisa menahannya pergi. Suporter pasti kecewa karena harus mengucapkan salam perpisahan untuk pemain spesial," tutur Klopp, seperti dilansir dari situs resmi Liverpool.

Philippe Coutinho. (Twitter resmi Barcelona)

Pelatih asal Spanyol itu mengaku tak ingin berlama-lama dirundung kehilangan. Terkait hal itu, tak lama lagi Liverpool akan merekrut pemain baru. Hadiah untuk suporter Liverpool itu masih dirahasiakan Klopp. Klopp berharap suporter merelakan Coutinho menjalani petualangan baru bersamaan dengan ucapan salam perpisahannya kepada pemain berusia 25 tahun tersebut.

"Terasa berat karena kami terpaksa mengucapkan salam perpisahan dengan figur, teman spesial, dan seorang pemain yang fenomenal, Philippe Coutinho," kata Klopp.

Coutinho yang resmi dilepas Liverpool ke Barcelona, Sabtu (6/1), tak bisa menyembunyikan kebahagiaanya bergabung dengan Barcelona. Pemain ke-30 asal Brasil yang bermain di La Blaugrana itu mendambakan gelar juara bersama klub barunya.

"Saya sangat senang bisa bermain di sini. Saya ingin meraih gelar, dan menjadikan suporter bahagia. Itu impian saya," ucap Coutinho di websites resmi Barcelona.

Dikenal berbakat

Matang di kompetisi internasional tak bisa langsung terwujud. Coutinho mengawalinya sejak usia dini. Dia mengasah kemampuanya di klub sepak bola asal Rio de Janiero, CR Vasco da Gama, selama dua tahun. Ketika usianya menapaki 16 tahun, Inter Milan melirik bakat Coutinho. 

Coutinho kemudian berhasil membawa Brasil menjuarai Piala Dunia U-20 pada 2011. Talentanya yang makin berkembang itu mendapat sorotan Liverpool. Klub bermarkas di Anfield itu kemudian merekrut Coutinho dengan nilai transfer senilai 8,5 juta poundsterling, atau sekitar Rp154 miliar.

Di Liverpool, Coutinho tiga kali terpilih menjadi pemain terbaik versi bulanan. Kemampuan teknis dan visinya di lapangan tengah membuat sejumlah pemain senior klub di kota pelabuhan itu terpukau. Begitupun insting menyerangnya. Dia disamakan dengan legenda klub Liverpool, Kenny Daglish. Bahkan ikon sepak bola Brasil, Pele, terkesan dengan penampilannya. 



 

Bagikan: