Cara Sederhana dan Mudah Merawat Mata

| 16 Mar 2019 15:43
Cara Sederhana dan Mudah Merawat Mata
Ilustrasi (Pixabay)

Bandung, era.id - Fungsi mata amatlah penting untuk mendukung aktivitas harian. Karenanya, menjaga kesehatan mata jadi hal wajib yang diperhatikan setiap orang.

Tak harus mahal, jika terdapat cara yang sederhana dan murah meriah. Salah satu caranya adalah memfokuskan tatapan pada objek di jarah sepanjang lima sampai enam meter. 

Menurut Komite Medik Rumah Sakit Mata Nasional Cicendo, Iwan Sovani, kegiatan melihat jarak jauh itu berguna untuk menghindari gangguan otot pada mata akibat terlalu berkonsentrasi terhadap satu titik objek yang dekat.

"Selama lima sampai enam jam itu mata kita beristirahat. Kan aktivitas bekerja menggunakan komputer, melihat handphone dan lain sebagainya membuat mata kita fokus terhadap objek terdekat," ujarnya di Bandung, Sabtu (16/3/2019).

Iwan mengatakan, jika mata digunakan terus menerus melakukan pengelihatan fokus dekat, maka akan membuat setiap otot mata lelah, mudah pegal, perih disertai warna kemerahan serta mengakibatkan kepala pusing.

Dia menjelaskan, gejala gangguan mata akibat sering melihat fokus jarak dekat dapat meningkatkan resiko kerusakan kesehatan pengelihatan seperti peradangan dan alergi

"Intinya sederhana dalam merawat mata. Seperti pepatah orang tua suku Sunda dulu, ningali nu hejo - hejo ambeh bengras (lihat yang pemandangan hijau agar pengelihatan jelas)," kata dia.

Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung menyatakan, untuk menjaga agar mata

tetap sehat, selain mengistirahatkannya, adalah juga harus didukung dengan makanan empat sehat lima sempurna.

Tags : kesehatan
Rekomendasi