Tujuh Lagu Terpilih untuk Soundtrack Film Gundala

| 15 Aug 2019 16:36
Tujuh Lagu Terpilih untuk <i>Soundtrack</i> Film <i>Gundala</i>
Salah satu potongan dalam film Gundala. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Setelah diumumkan lebih dari sebulan lalu oleh sutradara film Gundala, Joko Anwar, perihal pencarian lagu tribute untuk Gundala, pihaknya telah menerima 300 submisi lagu untuk tribute tersebut. Kini, para sineas film Gundala telah memilih tujuh lagu terbaik yang rencananya akan dijadikan soundtrack dari film tersebut.

Rencana tersebut awalnya muncul dari ide liar Joko Anwar yang tadinya sempat berpikir tidak perlu ada soundtrack lagu. 

"Tadinya konsep film Gundala adalah all music scoring. Enggak ada lagu. Tapi karena udah banyak yang bikin, kami ingin antusiasme ini tetap diingat sampai kapan pun. Jadinya dimasukkan ke film sebagai pengingat," tutur Joko Anwar kepada era.id, beberapa waktu lalu.

Ada tujuh lagu pilihan berbagai musisi lintas genre mulai dari rock sampai hip hop yang terpilih. Terdiri dari Hail Gundala (Glosalia), Gundala (GNTZ, Mario Zwinkle, GHEZA DAMAR), Patriot Zaman (Comprades), Putra Petir (Dokudokuroro), Holy Road (Dani Irjayana), Gundala (Diki Satria), dan Sancaka (Ray Aliputera). 

Ketujuh lagu tersebut dipilih langsung oleh Joko Anwar, di mana dua lagu pertama sudah dirilis secara digital dan siap didistribusikan bersama Warner Music Indonesia. Sang sutradara juga sangat kaget dengan banyak fans yang niat mengikuti #GundalaSongsTribute. Termasuk fan art yang juga diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. 

“Saya dan seluruh tim Gundala sangat terharu, tidak menyangka antusiasme dan dukungan publik, termasuk dari para seniman sangat besar untuk Gundala. Fan art sekarang mencapai 2.500. Lagu lebih dari 300 lagu.”

“Kami senang karena memang dari awal Gundala dimaksudkan untuk jadi film yang milik penonton juga. Karena kami buat untuk rakyat Indonesia. Semoga bisa jadi kebanggaan bukan saja pembuat tapi penonton,” imbuhnya.

Mengenai pemilihan tujuh lagu yang dipilih secara khusus, Joko memberi tahu proses yang cukup menarik. Ia memiliki beberapa kriteria khusus lagu mana yang layak dan sesuai dengan jalan cerita film jagoan besutan Bumilangit Studios, Screenplay Films yang bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Ideosource Entertainment tersebut.

“Pertama yang semangatnya sama dengan cerita filmnya. Dan semuanya bagus-bagus. Jadinya sangat sulit untuk menentukan siapa yang masuk. Keberagaman genre juga jadi pertimbangan. Sebenarnya banyak sekali yang bisa masuk tapi karena keterbatasan durasi, dimasukkan ke end titles, jadi enggak semua bisa. Tadinya mau dipilih 3 lagu saja. Tapi akhirnya diputuskan 7 lagu,” ujarnya. 

Sampai hari ini, sudah dua lagu yang telah diluncurkan secara digital. Pertama, Hail Gundala, lagu dari Glosalia band rock asal Cicadas, Bandung. Kedua, adalah Gundala yang digarap secara kolaborasi dari musisi hip hop asal Jogjakarta GANTZ (Jogja Hip Hop Foundation), Mario Zwinkle, dan GHEZA DAMAR. 

 

Semua lagu tersebut akan dirilis dalam format album pada tanggal 23 Agustus di digital platform seperti Spotify, Joox, Apple Music dan lain-lain. Itu berarti sebelum tanggal perilisan filmnya 29 Agustus 2019, soundtrack-nya sudah bisa dinikmati. 

Rekomendasi