Tidur dalam Keadaan Gelap Banyak Manfaatnya

| 22 Sep 2019 12:34
Tidur dalam Keadaan Gelap Banyak Manfaatnya
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Beberapa orang baru bisa tidur di dalam ruangan yang gelap. Ada juga yang bisa tidur di mana pun, kapan pun, dan dalam kondisi apapun.

Tapi sesungguhnya, tidur yang baik haruslah dalam kondisi ruangan gelap. 

Dilansir dari The Indian Express, Minggu (22/9/2019), sebuah penelitian dari Universitas Northwestern menyatakan, tidur dalam keadaan gelap berhubungan dengan diabetes. Penelitian tersebut mengungkapkan, menjaga cahaya saat tidur, dapat meningkatkan risiko diabetes. Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa tidur di bawah cahaya terang meningkatkan resistensi insulin.

Sementara itu, dari beberapa penelitian lain disebutkan, tidur yang terganggu/buruk meningkatkan risiko depresi, kanker payudara dan prostat, selain menambahkan penyakit metabolik lainnya.

Mengenal melatonin

Tubuh manusia menghasilkan melatonin --hormon 'tidur' yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal-- yang memungkinkan kita tertidur dan tetap tertidur. Sebagian besar diproduksi antara 11 malam dan 3 pagi (per siklus tidur biologis alami), itu akan terganggu jika terkena segala jenis cahaya buatan alami.

Melatonin mendukung sistem kekebalan tubuh dan sekresi yang lebih sedikit dapat menyebabkan kelelahan, iritabilitas, kecemasan, ketidakseimbangan hormon dan masalah lainnya.

Tags : kesehatan
Rekomendasi