Wordplay di Balik Iklan BTS Tokopedia

| 09 Oct 2019 17:21
<i>Wordplay</i> di Balik Iklan BTS Tokopedia
BTS (Instagram/btsbighitofficial)

Jakarta, era.id - Empat hari lalu, tepatnya 5 Oktober 2019, akun Instagram Tokopedia secara mengejutkan mengunggah foto tujuh laki-laki yang menghadap ke belakang. Di atas foto tersebut, Tokopedia menulis: Bisa Tebak Suaranya? Sontak, para penggemar yang merasa familiar dengan suara tersebut langsung ramai memenuhi kolom unggah Tokopedia.

Tidak menunggu lama, Senin (7/10), Tokopedia mengumumkan telah menunjuk BTS, grup musik dari Korea Selatan sebagai brand ambassador mereka yang baru. Tagar #TokopediaxBTS langsung melesat jadi trending topic.

Kegembiraan itu dilengkapi dengan tayangan iklan yang diunggah Tokopedia kemudian. Video berdurasi 15 detik itu menampilkan semua anggota BTS yang bergoyang kemudian memegang telepon genggam berwarna hijau sembari mengucapkan: Tokopedia saja! sebanyak dua kali.

Banyak wordplay (permainan kata) yang ditemukan di sini. Kalimat “Bisa Tebak Suaranya”, misalnya. Jika disingkat, kalimat tersebut langsung merujuk pada jawaban dari pertanyaan itu sendiri: BTS.

Selain itu, kalimat “Tokopedia Saja!” juga dapat diterjemahkan sebagai permainan kata serupa. Dalam bahasa Korea, kata ”Sa-ja” dapat diartikan sebagai ”mari membeli!” atau “mari membeli di Tokopedia.”

Slogan “Belanja? Tokopedia Saja!” yang disingkat BTS juga disadari oleh para penggemar sebagai korelasi yang menarik. CEO Tokopedia William Tanujaya mengatakan, visi dan misi yang dimiliki BTS sejalan dengan konsep Tokopedia. Itulah alasan dari pemilihan BTS sebagai brand ambassador.

“BTS adalah grup yang mampu mengubah mampu mengubah industri musik, walaupun telah menghadapi berbagai keterbatasan dan tantangan selama perjalanan mereka. Kami sangat mengapresiasi komitmen kuat mereka dalam melakukan inovasi serta menyebarkan pesan positif, sehingga BTS adalah mitra yang tepat untuk menyampaikan pesan Tokopedia kepada seluruh dunia,” kata William dikutip dari situs Tokopedia, Rabu (9/10/2019).

BTS atau Bangtan Sonyeodan adalah grup musik dari Korea Selatan. Memulai debut di tahun 2013, BTS konsisten menyebarkan pesan positif melalui lagu-lagunya. Hal ini membawa BTS meraih penghargaan prestisius baik di dalam Korea Selatan maupun mancanegara. Selain itu, BTS juga didaulat sebagai brand ambassador UNICEF. Mereka juga berkesempatan membawa pidato di Pertemuan Umum United Nations ke 73 di PBB.

Ke depan, Tokopedia akan menyajikan konten eksklusif BTS kepada para penggemar yang disebut Army. Toko official BTS juga akan hadir di Tokopedia. Hal ini lebih memudahkan para penggemar untuk membeli album maupun dagangan BTS. Lewat kampanye Tokopedia #1Everyday, Tokopedia mengajak para pelanggan untuk bisa mengakses promo dan rekomendasi apapun lewat Tokopedia dimanapun dan kapanpun.

Tags : kpop
Rekomendasi