Selain Masker, Warga Juga Borong Hand Sanitizer

Tim Editor

    Hand Sanitizer (era.id)

    Jakarta, era.id - Kasus penularan COVID-19 membuat panik warga Jakarta. Mereka memborong alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer untuk mencegah penularan virus SARS-COV-2.

    Seperti diketahui, ada dua warga Depok, Jawa Barat yang tertular virus korona baru. Mereka kini dirawat intensif di RSPI, Sulianti Saroso, Senin (2/3/2020). Mengetahui COVID-19 sudah 'sampai' Indonesia, warga pun berbondong-bondong membeli masker dan hand sanitizer serta vitamin agar tak tertular.

    Pantauan era.id, Senin (2/3/2020) sore, di beberapa apotek di Jakarta, stok masker ludes dibeli. Selain itu, produk hand sanitizer juga langka akibat diborong warga. "Tadi pagi masih ada, sekarang sudah habis," ujar salah seorang penjaga apotek.


    Apotek (Nurul/era.id)

    Hand sanitizer menjadi solusi pengganti sabun cuci tangan yang praktis. Pembersih ini sangat mempermudah bagi orang yang tidak sempat cuci tangan seperti sedang dalam perjalanan atau sedang bekerja di kantor.

    Hand sanitizer dibedakan dengan dua kandungan yakni antibacterial dan antimicrobial. Kandungan antibacterial mampu menghambat pertumbuhan bakteri, sementara kandungan antimicrobial dapat menghambat, membasmi atau menyingkirkan mikroorganisme seperti virus. 

    Untuk mencegah virus, sebaiknya, gunakan hand sanitizer dengan kandungan antimicrobial. Tapi jika kamu hanya menemukan hand sanitizer kandungan antibacterial, pastikan bahwa cairan antiseptik itu memiliki kandungan alkohol lebih dari 60 persen.
     

    Tag: covid-19 di indonesia

    Bagikan :