Ragam Jenis Kolak Paling Enak Selama Ramadan, Kamu Pilih Mana?

| 27 Apr 2020 17:25
Ragam Jenis Kolak Paling Enak Selama Ramadan, Kamu Pilih Mana?
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Selama bulan Ramadan berbagai hidangan pembuka jadi terlihat lebih enak seratus kali lipat. Gorengan yang berminyak yang biasa aja, bakal jadi luar biasa rasanya selama Ramadan ini. Begitu juga dengan aneka ragam kolak, baik kolak pisang atau pun kolak biji salak. 

Di antara berbagai jenis kolak, yang manakah yang paling enak dan jadi favorit kamu?

Kolak Biji Salak

Entah gimana caranya kolak ini bisa dinamai biji salak, padahal bahannya terbuat dari ubi yang sudah dihaluskan. Biasnya kolak biji salak ini berwarna oranye atau hijau, sesuai selera masing-masing. 

Pada bagian kuahnya, kolak biji salak biasanya disajikan dengan kuah gula merah cair lengkap dengan santan kentalnya. Ada juga yang menambahkan jahe di larutan gula merah cair untuk menambah kehangatan. Tapi balik lagi, semua tergantung selera masing-masing. 

Kolak Labu

Kalau jenis kolak ini sudah pasti favoritnya ibu-ibu rumah tangga. Pembuatannya yang mudah dan lebih praktis ini jadi salah satu menu andalan buat buka puasa selama Ramadan. Selain bisa disajikan sebagai menu buka puasa, labu juga kaya akan manfaat bagi kesehatan, salah satunya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Kolak Pisang

Jenis kolak yang satu ini sebenarnya bisa banget dijumpai selain bulan Ramadan, karena bahan-bahannya paling gampang ditemuin di pasar maupun swalayan. Tapi kenapa kolak pisang kebanyakan cuma datang di bulan Ramadan aja ya? 

Kolak Pacar Cina

Hayo jangan suudzon dulu sama kata Cina buat kolak yang satu ini ya. Meski dinamai pacar cina, kolak ini bukan berarti punya pacar orang China, tapi karena warna dari kolak ini cukup bervariasi. Ada hijau, putih, dan juga pink dengan ukuran dadu, kadang-kadang ada yang persegi panjang karena nempel hehe. 

Jenis kolak ini jadi salah satu favorit anak-anak karena memiliki warna yang indah. Teksturnya juga kenyal, sama seperti kolak biji salak. Biasanya kolak pacar cina ini jadi campuran di berbagai kolak lainnya, seperti jadi pelengkap kolak pisang atau kolak labu. 

Kolak Kolang Kaling

Jenis kolak ini pada umumnya jarang banget ditemui sebagai menu buka puasa selama Ramadan, karena biasanya kolang kaling jadi komponen pelengkap di kolak lainnya, sama seperti pacar cina. Tapi enggak tahu juga ya kalau di daerah kalian ada kolak kolang kaling yang indipenden? 

Kolak Candil

Hampir mirip dengan kolak biji salak, kolak candil ini juga memiliki tekstur yang kenyal dengan kuah gula merah ditambahkan santan. Tapi yang membuat beda ialah dari segi bentuknya. Jika kolak biji salak lebih lonjong dan menyerupai biji buah salak, kalau kolak candil ini bentuknya bulat.

Selain itu, bahan yang digunakan juga berbeda. Biasanya kolak candil ini menggunakan ketan sebagai bahan utamanya. Sedangkan kolak biji salak terbuat dari ubi. 

Dari keenam jenis kolak di atas, kira-kira yang jadi kolak favorit kalian yang mana? 

Rekomendasi