Aktivitas Govinda di Tengah Wabah dan Bulan Ramadan

Tim Editor

    Govinda (era.id)

    Jakarta, era.id - Pandemi COVID-19 berdampak pada semua aspek kehidupan termasuk industri pertunjukan. Industri pertunjukan di sini bukan hanya para senimannya saja tapi juga orang-orang yang berada di belakang panggung.

    Memasuki bulan Ramadan, panggung pertunjukan selalu diisi dengan acara buka puasa atau pun sahur lewat stasiun televisi. Namun, pandemi yang berlangsung di seluruh dunia membuat Ramadan tahun ini menjadi berbeda, pertunjukan offair dan online pun berubah total. Jadwal pertunjukan beberapa dibatalkan atau berganti konsep.

    Salah satu yang mengalami dampaknya adalah grup band Govinda. Jadwal panggung Govinda secara offline pun berhenti. Untungnya kemajuan teknologi dapat membuat mereka tetap berkarya dengan medium daring.

    "Enggak hanya Govinda tapi saya rasa hampir semua pekerja seni jadwalnya banyak yang batal atau diundur sampai kapan belum tahu. Untuk Ramadan pun kena juga karena situasi dan kondisi yang terjadi," kata Manajer Govinda, Patty Warouw, Jumat (1/5/2020).

    "Tapi kalau mau dibilang berhenti total sih enggak karena sekarang kan hampir semua pekerja seni melakukan promo, konser, live, charity, kolaborasi dan sebagainya di media sosial. Memang enggak mudah tapi ada saja sponsor yang masuk dan mengajak kerja sama dengan para artis-artis kami," lanjut Patty.

    Konsep manggung yang biasanya dilaksanakan di suatu tempat, kini harus mengalami perubahan dengan menjalankannya di rumah masing-masing dan kolaborasi dilakukan secara virtual.


    Govinda (era.id)

    Hal ini juga membawa dampak yang cukup besar bagi para kru panggung, sebab tak ada lagi yang bisa dilakukan untuk membantu personel Govinda secara langsung.

    "Otomatis kru kami juga kena semua. Tapi karena kami pun ada dalam satu komunitas musik, yang terdiri dari teman-teman artis juga manajemen dan para manajer. Kita juga berkoordinasi untuk bisa bantu teman-teman kru dalam bentuk hal apapun, selama kami bisa bantu selama pandemi," ujar Patty.

    Patty pun berharap kondisi pandemi bisa segera berakhir, sebab Govinda dan semua orang yang berada di belakang panggung sudah tidak sabar untuk menghibur para penggemarnya.

    "Semoga pandemi ini cepat selesai dan kita semua bisa kembali ke kegiatan kita, terutama kami manajemen, manajer dan terutama Govinda dan teman-teman artis juga kru-kru kami kangen manggung," kata Patty seperti dilansir Antara.
     

    Tag: band tuan tanah

    Bagikan :