Foto Tersebar, Intip Suho EXO Lagi Ikut Wajib Militer

Tim Editor

Suho EXO (Foto kolase web militer Korsel)

Seoul, era.id - Leader EXO, Suho resmi menjalankan wajib militernya sebagai salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh seluruh pria berusia 19 tahun hingga 35 tahun di Korea Selatan. Baru-baru ini, foto Suho EXO mengenakan seragam militer tersebar luas di media sosial. Di mana dia nampak gagah dengan rambut botaknya. 

Foto itu rupanya sengaja disebarkan oleh situs resmi pusat pelatihan militer, yang mendapat anggota baru dari berbagai kalangan selebritas Korea Selatan. Mulai dari Suho EXO, Hyunsik dan Yook Sungjae BTOB, hingga Jinho PENTAGON. Mereka nampak sehat dan bugar selama menjalani pelatihan militer.

Penasaran enggak sih kegiatan apa saja yang dilakukan mereka selama menjalani kegiatan wamil?

Melansir dari berbagai sumber, kegiatan wajib militer bagi pria Korea Selatan ini dilakukan sejak usai 19 tahun atau usia lulus SMA hingga 35 tahun sesuai dengan usia Korea Selatan. Di mana nantinya para pria yang sudah cukup umur itu akan mendapat surat panggilan untuk menuntaskan kewajibannya sebagai pria dewasa di Korea Selatan. Kalau menolak? Tentu saja akan mendapat hukuman, salah satunya mendekam dipenjara.

Wajib militer di Korea Selatan dibagi ke dalam dua jenis, yaitu active duty dan public service. Di mana biasanya para selebritas Korea Selatan lebih memilih untuk ditempatkan di public service. Nantinya mereka akan bekerja di kantor pemerintahan, jadi petugas parkir atau pengawas lalu lintas, hingga bekerja di subway. Masa penugasan ini biasanya memakan waktu hingga 2 tahun.

Sementara untuk kelas active duty biasanya diperuntukan bagi para tentara dan marine corps selama 21 bulan, angkatan udara 24 bulan, dan angkatan laut 23 bulan. Selain itu ada juga kelas khusus yang diperuntukan bagi orang Korea Selatan yang fasih berbahasa inggris. Kelas itu bernama KATUSHA, program kerjasama militer Korea Selatan dengan militer  Amerika Serikat.

Soho EXO (kiri bawah)

Pada masa awal pelatihan, pusat pelatihan milter Korea Selatan akan memberlakukan pelatihan dasar militer bagi seluruh anggotanya. Kegiatan ini berupa latihan fisik mulai dari berlari, push up, hingga mendaki gunung dengan pakaian militer yang lengkap selama lima minggu. Makanya para oppa yang lagi wamil pas keluar jadi kelihatan lebih berotot dan lebih bugar ya.

Kemudian setelah lima pekan menjalankan pelatihan dasar militer, mereka akan dikirim ke berbagai batalion sebagai tempat bertugas selama berbulan-bulan. Mereka akan masuk ke dalam satu camp yang memiliki satu pimpinan sebagai pemantau kegiatan.

Kegiatan patroli dan lainnya akan mereka kerjakan mulai jam 06:30 hingga 17:00 waktu Korea Selatan. Selama berpatroli, mereka juga harus menjalankan training demi kesehatan tubuh dan kebugarannya. Tapi tenang aja, oppa-oppa tampan kamu juga punya waktu istirahat yang cukup kok. Mereka bahkan bisa dapat makanan lezat mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Enggak cuma itu aja, setelah makan malam mereka juga memiliki kegiatan free time yang bisa digunakan untuk bersih-bersih dan menggunakan ponsel untuk mengecek media sosial atau sekadar menghubungi keluarga.

Selain itu, khusus para selebritas Korea Selatan bakal punya kegiatan tambahan sebagai pemain band, misalnya seperti Lee Sung Gi dan Yunho TVXQ yang pernah tampil di acara hiburan militer.

Lalu, kira-kira para pria yang wamil ini digaji atau enggak ya?

Nah usut punya usut, mereka juga bakal menerima gaji sesuai dengan pangkatnya loh. Ya meski enggak besar, tapi kehidupan mereka selama di camp militer kan serba gratis. Misalnya pangkat prajurit bisa digaji Rp1,79 juta, prajurit kelas satu Rp1,92 juta, pangkat kopral Rp2,21 juta, dan yang tertinggi pangkat sersan Rp2,38 juta.

Selain itu mereka juga bakal dapat privilege berupa hak libur selama empat hari setelah 100 hari mengabdi di camp militer. Mereka juga bakal dapat jatah libur 10 hari setelah kenaikan pangkat atau libur nasional seperti Chuseok (tahun baru).

Sayangnya setelah mereka bebas dari masa wajib militer, kegiatan mereka enggak behenti sampai disitu aja. Mereka harus melaksanakan wajib lapor dan menjalani inactive duty selama 8 tahun. Bahkan setiap tahunnya mereka harus ikut pelatihan wajib selama 100 jam.

Jadi udah kebayang kan gimana tanggung jawab dan beratnya oppa kalian selama wajib militer? Enggak heran banyak banget orang yang bakal sedih dan kasih dukungan semangat ke para pria Korea Selatan yang akan melaksanakan wajib militer.

Tag: rhinotillexomania

Bagikan:


REKOMENDASI